Sukses

Bisa Sebabkan Keracunan Makanan, Jangan Konsumsi Kecambah Mentah

Ternyata mengonsumsi kecambah mentah bisa membahayakan kesehatan Anda

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak cara lezat untuk menyiapkan sayuran: Anda bisa mengukusnya, menumisnya, memanggangnya, dan Anda bisa memakannya dalam keadaan mentah. Pakar kesehatan bahkan merekomendasikan makan beberapa sayuran mentah, karena mereka mempertahankan nutrisi yang bisa dimasak dengan cara lain.

Tapi itu tidak berarti semua sayuran bisa melupakan persiapan yang tepat. Faktanya, ada satu sayuran yang tidak boleh Anda makan mentah, karena sangat berbahaya bagi kesehatan Anda.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengimbau warga untuk tidak mengonsumsi taoge atau kecambah secara mentah. Hal ini dikarenakan, kecambah mentah memiliki bakteri yang dapat membuat Anda keracunan makanan.

Berikut penjelasannya seperti dihimpun dari Bestlifeonline.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Anda tidak boleh makan kecambah mentah karena mereka mungkin menyimpan bakteri

Jika Anda mencari sayuran untuk camilan mentah, CDC menyarankan agar Anda tidak memasukkan kecambah. Menurut Food and Drug Administration (FDA) AS, kecambah ditanam dari "biji dan kacang di bawah kondisi hangat dan lembab," yang juga merupakan kondisi perkembangbiakan yang ideal untuk bakteri, termasuk Salmonella, Listeria, dan E. coli.

Bakteri ini mungkin ada pada produk apa pun, tetapi cara kecambah tumbuh sangat berisiko amat berisiko bagi kesehatan.

"Bahkan jika hanya terdapat beberapa bakteri berbahaya yang ada di dalam atau di benih, bakteri itu dapat tumbuh ke tingkat tinggi selama perkecambahan," FDA memperingatkan.

 

3 dari 5 halaman

Kecambah harus dimasak secara menyeluruh untuk menghindari keracunan makanan

Sebagai akibat dari bakteri potensial, makan kecambah tanpa memasaknya dapat menyebabkan Anda mengalami keracunan makanan. Bahkan tidak cukup memasaknya dengan benar dapat menyebabkan reaksi yang merugikan ini.

"Masak kecambah secara menyeluruh," kata CDC.

"Memasaknya membunuh bakteri berbahaya dan mengurangi risiko penyakit."

FDA menyarankan agar Anda mencuci kecambah di bawah air mengalir sebelum makan atau memasaknya, karena ini dapat mengurangi bakteri apa yang ada. Tetapi harus diingat bahwa mencuci kecambah tidak akan menghilangkan bakteri sama sekali, jadi memasak tetap diperlukan.

 

4 dari 5 halaman

Jika Anda memiliki tanda-tanda penyakit parah setelah makan kecambah, kunjungi dokter

Gejala keracunan makanan Anda dapat bervariasi tergantung pada jenis bakteri yang Anda konsumsi. Tetapi untuk sebagian besar kasus keracunan makanan ringan, Anda mungkin mengalami gejala umum seperti sakit perut, kram perut, mual, muntah, diare, dan demam. Ini bisa memakan waktu berjam-jam atau berhari-hari untuk terjadi, dan Anda sebaiknya minum banyak cairan untuk mencegah dehidrasi akibat penyakit.

Namun, jika Anda memiliki tanda-tanda keracunan makanan yang parah, Anda harus segera menemui dokter. Menurut CDC, gejala-gejala ini termasuk diare berdarah atau diare yang berlangsung lebih dari tiga hari, demam tinggi, sering muntah, sedikit atau tidak buang air kecil, mulut dan tenggorokan yang sangat kering, dan rasa pusing saat berdiri.

Keracunan makanan dapat menyebabkan konsekuensi kesehatan yang serius dan jangka panjang, seperti radang sendi kronis, kerusakan otak dan saraf, dan gagal ginjal.

 

5 dari 5 halaman

Beberapa orang lebih berisiko terkena penyakit parah akibat keracunan makanan

Sementara siapa pun bisa keracunan makanan, anak-anak di bawah 5 tahun, orang dewasa 65 dan lebih tua, wanita hamil, dan orang-orang dengan sistem kekebalan yang lemah lebih mungkin untuk sakit. CDC mengatakan mereka juga memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit yang lebih parah karena "kemampuan tubuh mereka untuk melawan kuman dan penyakit tidak seefektif karena berbagai alasan."

Menurut FDA, siapa pun yang termasuk dalam kategori ini harus menghindari makan kecambah mentah atau dimasak ringan dalam bentuk apa pun, termasuk bawang merah, alfalfa, semanggi, lobak, dan kacang hijau.

"Saat makan di luar, Anda dapat meminta agar kecambah mentah tidak ditambahkan ke makanan Anda," saran FDA. "Jika Anda membeli sandwich atau salad di restoran atau toko makanan, periksa untuk memastikan bahwa kecambah mentah belum ditambahkan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.