Sukses

Baik untuk Kesehatan dan Kecantikan, Ini Segudang Manfaat Minyak Jarak

Berikut sederet manfaat minyak jarak bagi kecantikan dan kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian besar dari Anda tentu tak asing dengan nama castor oil atau minyak jarak. Atau bahkan banyak dari kalian yang kerap menggunakannya.

Ya, Anda benar minyak jarak sangat sehat. Minyak jarak adalah cairan kuning sangat pucat, yang diekstraksi dari biji jarak (Ricinus Communis). Ricinus Communis, tanaman dari mana minyak jarak diekstraksi, berasal dari India. 

Anda juga harus tahu bahwa minyak jarak memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-oksidan yang kuat, dan telah digunakan selama berabad-abad untuk manfaat pengobatannya. Rupanya minyak jarak memiliki segudang manfaat, dilansir dari healthylifetricks, berikut ulasannya. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bermanfaat untuk Kehidupan Sehari-hari

Beberapa orang berpikir bahwa sebagian besar manfaat minyak jarak berasal dari konsentrasi asam lemak tak jenuh yang tinggi. Minyak jarak memiliki rasa yang kuat, tetapi itu tidak mengubah fakta bahwa minyak ini sering digunakan dalam kosmetik, sabun, pelumas, cat, pewarna, tinta, nilon, parfum, tekstil, obat-obatan, minyak pijat dan banyak lainnya dalam produk sehari-hari. 

3 dari 4 halaman

Mengobati Masalah Kulit dan Ketombe

Minyak super sehat ini memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang kuat dan sarat dengan Vitamin E, mineral, protein, dan Omega 6 dan 9 asam lemak yang bermanfaat. 

Menurut para ahli, Anda bisa menggunakan minyak ini untuk mengobati banyak masalah kulit. Anda juga harus tahu bahwa minyak jarak adalah pengobatan yang efektif melawan ketombe dan juga membantu melindungi kulit kepala dari infeksi jamur dan mikroba. Itu karena sifat fungisida, kuman dan insektisidanya. Dan, satu hal lagi minyak ini digunakan untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan sendi dan jaringan.

4 dari 4 halaman

Menumbuhkan Rambut

Menurut Dr. David Williams, minyak jarak juga baik untuk meningkatkan aliran limfatik. Dr. David juga menyebutkan bahwa tidak ada obat yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan aliran limfatik. 

Tapi, pekerjaan itu bisa dengan mudah ditangani dengan menggunakan minyak jarak. Jenis minyak ini sarat dengan asam lemak omega 9, yang memberi nutrisi pada rambut dan folikel Anda. Jadi, minyak jarak dapat menembus ke dalam pori-pori dan folikel yang menghasilkan rambut Anda. Yang Anda butuhkan hanyalah beberapa tetes minyak jarak dan pijat rambut Anda dengannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.