Sukses

Tips Bakar Kalori Secara Optimal Usai Olahraga

Liputan6.com, Jakarta Mengatur waktu olahraga secara teratur cukup sulit dan sebagian orang pun mengakuinya. Itulah sebabnya memastikan Anda mendapatkan hasil maksimal dari setiap latihan sangat penting. 

Pasalnya kemungkinan kesalahan gerakan Anda saat olahraga jadi pemicu kalori tidak terbakar secara baik. Berolahraga, terutama latihan kekuatan tidak hanya membuat Anda lebih kuat, tetapi juga meningkatkan metabolisme Anda.

Tingginya tingkat metabolisme dapat membakar banyak kalori selagi beristirahat. Selain butuh waktu istirahat, tubuh Anda juga memerlukan cairan sebelum melanjutkannya kembali.

Faktanya, masuknya cairan di sela-sela istirahat penting loh bahkan bisa membakar kalori lebih banyak. Penasaran, mengapa minum air begitu penting dalam pembakaran kalori? Berikut penjelasannya melansir dari She Finds.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gerakan yang Tepat

Pembakaran kalori yang tidak optimal dikaitkan gerakan Anda yang kerap tidak tepat mengikuti gerakan instruktur olahraga secara langsung atau streaming. Faktor lainnya, tubuh Anda kurang terhidrasi.

Sebagaimana yang diungkapkan oleh Jessica Mazzucco, pelatih kebugaran bersertifikat NYC yang menjelaskan setiap gerakan yang Anda ikuti menentukan hasil yang diinginkan. Seperti gerak mengangkat beban, yoga, dan sebagainya butuh diperhatikan.

"Bila Anda menirunya tidak tepat, membuat napas Anda kesulitan mengisi paru-paru yang artinya otot tidak akan menerima jumlah nutrisi yang baik," ujarnya.

 

3 dari 4 halaman

Latihan HIIT Banyak Bakar Kalori

Dibandingkan kardio rupanya latihan HIIT lebih maksimal membakar kalori. Yang pasti pilihlah olahraga yang Anda sukai supaya konsisten dan hasilnya maksimal.

“Anda juga dapat memprioritaskan latihan gabungan yang lebih besar seperti barbell back squats atau lat pull down karena mereka mengaktifkan sejumlah sendi dan otot yang lebih besar, yang meningkatkan kebutuhan tubuh Anda selama dan setelah latihan.” tambah Mazzucco.

Tentunya kerja otot yang ekstra diimbangi dengan pemeliharaan kekuatan otot Anda. Salah satunya dengan menjaga cairan tubuh untuk proses pembakaran kalori yang optimal. 

 

 

4 dari 4 halaman

Minum Memegang Peranan Penting

Mazzucco juga merekomendasikan minuman yang kita minum untuk membantu proses pembakaran kalori. 

"Tanpa pasokan air yang cukup, otot akan kram, dan tubuh Anda akan kekurangan energi sehingga minum sepanjang hari usai berolahraga amat penting," pungkasnya. 

Di samping itu, Mazzucco menyarankan untuk menambahkan protein Whey ke dalam diet Anda karena memasok otot dengan asam amino yang mereka butuhkan untuk tumbuh. Pada akhirnya, otot yang sehat dan kuat adalah cara terbaik untuk membakar kalori bahkan setelah berolahraga dan hidrasi adalah bagian penting.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.