Sukses

5 Cara Agar Anda Berhenti Memikirkan Hal Negatif

Berikut adalah 5 cara yang berguna untuk menghentikan diri Anda dari memiliki pikiran negatif dan mengatasi overthinking.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar dari kita telah mengembangkan pola berpikir berlebihan. Mematahkan pola ini dan keluar dari rantai pikiran negatif tampak seperti tugas yang mustahil tetapi dapat dicapai dengan mempraktikkan hal positif dan berbagai metode lainnya.

Memutar ulang peristiwa masa lalu, menganalisis setiap situasi, hanya memikirkan kemungkinan hasil terburuk dari sebuah skenario adalah beberapa tanda dari pemikiran negatif. 

Pikiran-pikiran ini dapat menguras emosi Anda dan membuat Anda tidak dapat menikmati momen dan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari Anda. Ini dapat mengalihkan perhatian Anda dari masa kini, menguras energi Anda dan membuat Anda merasa cemas dan tertekan sepanjang waktu. 

Oleh karena itu, penting untuk mengatasi masalah ini dan menyelesaikannya untuk selamanya. Dikutip dari Pinkvilla, berikut adalah 5 cara yang berguna untuk menghentikan diri Anda dari memiliki pikiran negatif dan mengatasi overthinking.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Lakukan Positif Self-talk

Ganti pikiran negatif Anda dengan hal positif. Tantang pikiran negatif Anda, kenali pola perilaku Anda dan lepaskan energi negatif Anda dengan paksa. Berpikir baik, merasa baik dan berbuat bailah. Terus salurkan mantra-mantra positif dalam pikiran Anda sampai menjadi kebiasaan.

3 dari 6 halaman

Hindari Lingkungan Negatif dan Toxic

Kenali hal-hal atau orang-orang yang membawa hal negatif dalam hidup Anda dan jauhi. Adalah normal untuk merasa cemas di sekitar seseorang dengan siapa Anda tidak nyaman. Jika ada sesuatu yang mengganggu ketenangan mental Anda, gantilah dan berikan ruang untuk hal positif dalam pikiran Anda.

4 dari 6 halaman

Berhentilah Mengasihani Diri Sendiri

Berhentilah mengorbankan diri sendiri dalam setiap situasi dan berhenti mengasihani diri sendiri karena ini akan meningkatkan rasa mengasihani diri sendiri. Sebaliknya, perbaiki kesalahan Anda sendiri dan mulai dari awal. Tidak apa-apa untuk merasa sedih dan rendah. Normal untuk melewati kesulitan dan tidak apa-apa untuk membuat kesalahan. Keberanian sejati terletak pada memulai dari awal dan memulai dari awal dengan keadaan pikiran yang positif.

5 dari 6 halaman

Bicaralah

Jangan menyimpan perasaan dan pikiran Anda terkurung di dalam diri Anda. Bagikan pemikiran Anda dengan seseorang yang Anda percayai karena ini akan membuat Anda merasa lebih baik. Ini akan membuat Anda merasa bukan hanya Anda yang menderita, masih banyak lagi yang mungkin memiliki masalah yang sama dengan Anda. Jadi, bagikan, ekspresikan, dan ungkapkan jika memungkinkan.

6 dari 6 halaman

Hidup Saat Ini

Last but not least, hiduplah di saat ini dengan mempraktikkan rasa syukur dan meditasi. Sadarilah pentingnya setiap momen yang berlalu. Dengan memprediksi masa depan atau meresahkan masa lalu, Anda akan kehilangan momen yang Anda jalani sekarang dan menyesalinya nanti. Pikirkan tentang masa kini dan belajarlah dari masa lalu dan berhentilah mengkhawatirkan masa depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.