Sukses

Alis Tebal hingga Leher Panjang, 5 Standar Kecantikan Unik di Berbagai Negara

Berikut deretan standar kecantikan tak biasa yang ada di negara-negara di Asia.

Liputan6.com, Jakarta Terlepas dari standar kecantikan global yang kita lihat di majalah dan peragaan busana glamor, setiap negara memiliki ciri, tradisi, dan kebiasaan uniknya sendiri yang terkait dengan kecantikan seorang wanita. 

Misalnya, sementara orang-orang di negara lain menghabiskan banyak uang untuk merapikan gigi mereka, di Jepang, wanita membayar untuk membuat gigi mereka terlihat gingsul. Jadi bisa dikatakan bahwa kecantikan memang merupakan istilah yang relatif.

Mungkin masih banyak pula standar kecantikan unik yang ada di beberapa negara di Asia. Dikutip dari Brightside, berikut deretan standar kecantikan tak biasa yang ada di negara-negara di Asia. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Alis Tebal (Tajikistan)

Sementara wanita di berbagai belahan dunia mencabut alis mereka agar rapi dan mendapatkan bentuk yang sempurna, bagi wanita di Tajikistan, alis alami adalah tanda kecantikan tradisional.

Gadis-gadis yang tidak berbakat dengan alis lebat menggunakan ramuan hijau berdaun khusus yang disebut 'usma.' Mereka bahkan mewarnai ruang di antara alis dan membuat satu alis. Orang tua menerapkan trik mudah ini ke alis putri mereka sejak kecil.

3 dari 6 halaman

2. Leher Panjang (Thailand)

Leher panjang adalah simbol perempuan dalam suku Kayan. Ada akar yang berbeda dari tradisi ini, dan banyak yang percaya bahwa pada masa-masa awal tradisi ini melindungi perempuan dari perbudakan. Namun, beberapa orang mengatakan bahwa dengan lehernya yang panjang, para wanita itu menyerupai naga, yang merupakan tokoh penting dalam cerita rakyat setempat.

Anak perempuan mulai memakai kalung dari kuningan ketika mereka berusia 5 tahun dan mendapatkan semakin banyak cincin yang memanjangkan leher mereka seiring berjalannya waktu.

4 dari 6 halaman

3. Kuku Kaki Panjang (India)

Pada tahun 2015 Shridhar Chillal dari India menjadi orang dengan kuku terpanjang di satu tangan yang pernah diakui oleh Guinness World Records. Namun, wanita India tidak berhenti pada kuku yang panjang, mereka juga menumbuhkan kuku kaki yang panjang. Berbeda dengan tren dunia, kuku kaki berwarna panjang dianggap populer di sana.

5 dari 6 halaman

4. Wajah Berbentuk Hati (Korea Selatan)

Korea Selatan memiliki jumlah prosedur kosmetik terbesar di dunia per kapita. Kontur wajah berada di daftar 3 operasi plastik paling populer di Korea Selatan. Terlepas dari risiko potensial, wanita dapat menjalani pengurangan tulang pipi dan koreksi rahang untuk mencoba mendapatkan wajah berbentuk hati.

6 dari 6 halaman

5. “Yaeba” - Gigi Gingsul (Jepang)

Sementara orang-orang di belahan dunia lain menghabiskan banyak uang untuk merapikan gigi, tren sebaliknya terjadi di Jepang. Di sana, wanita membayar untuk membuat gigi mereka tersangkut atau gingsul. 

Kecenderungan ini disebut yaeba atau “gigi ganda”. Dokter gigi membuat “snaggleteeth” dengan meletakkan bagian depan plastik permanen atau sementara pada gigi taring atas. Gigi bengkok ini membuat wanita terlihat lebih muda dan karenanya populer di kalangan gadis Jepang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.