Sukses

Studi: Makan Satu Hotdog Pangkas 36 Menit Usia Hidup Seseorang

Studi dari peneliti kesehatan di University of Michigan, AS, mengungkapkan bahwa makan satu hotdog dapat mempersingkat hidup selama 36 menit.

Liputan6.com, Jakarta - Studi dari peneliti kesehatan di University of Michigan, Amerika Serikat (AS), mengungkapkan bahwa makan satu hotdog daging sapi dapat mempersingkat hidup selama 36 menit.

Dikutip dari World of Buzz, Jumat (10/9/2021), studi yang terbit pada bulan ini dalam jurnal Nature Food meneliti 5.853 makanan yang biasa dipakai untuk diet warga AS.

Peneliti kemudian menghitung efek dari konsumsi makanan itu dalam hitungan menit terkait waktu kehidupan yang didapat atau hilang. Diukur juga mengenai penyakit gizi yang dialami dan dampaknya terhadap lingkungan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menghitung keuntungan dan kerugian makanan dalam menit

Menurut studi yang disebut sebagai Global Burden of Disease, yang mengukur morbiditas terkait pilihan makanan seseorang, peneliti membuat indeks yang menghitung beban kesehatan seseorang antara untung dan rugi dalam hitungan menit. Mereka menganalisis terkait sajian makanan yang dikonsumsi.

3 dari 4 halaman

Hasilnya

Hasilnya menunjukkan bahwa mengganti 10 persen asupan kalori harian dari daging sapi dan daging olahan untuk dicampur ke dalam buah-buahan, sayuraan, kacang-kacangan dan makanan laut tertentu ternyata mampu mengurangi jejak karbon makanan hingga sepertiganya.

Orang yang mengonsumsinya kemungkinan akan dapat 48 menit per hari untuk hidup sehat.

Peneliti juga menemukan bahwa hotdog daging sapi standar pada roti mengandung 61 gram daging olahan.

Makanan itu disebut dapat menyebabkan waktu hidup sehat hilang selama 27 menit. Ketika bahan lain seperti natrium dan asam lemak ikut dihitung, waktu yang hilang menjadi 36 menit.

4 dari 4 halaman

Daftar makanan lain yang bisa persingkat hidup

Penelitian itu juga mengungkapkan daftar makanan populer lain dengan jumlah waktu hidup sehat yang hilang. Berikut daftarnya:

  • Pizza: 7 menit, 8 detik.
  • Burger keju ganda: 8 menit, 8 detik.

Sedangkan, makanan yang dapat menambah umur seseorang, yaitu:

  • Alpukat: 2 menit, 8 detik.
  • Pisang: 13 menit, 30 detik.
  • Salmon: 13 menit, 5 detik.
  • Sandwich selai kacang dan selai: 33 menit dan 6 detik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.