Sukses

8 Tempat Rahasia di Bumi Ini Tak Bisa Kamu Lihat di Google Maps

Tempat-tempat berikut ini tak bisa kamu lihat di Google Maps

Liputan6.com, Jakarta - Kemajuan teknologi membuat orang bisa melihat tempat-tempat tertentu di dunia, meski tidak pernah ke sana sebelumnya. Hal ini mungkin terjadi dengan penggunaan Google Maps.

Dengan Google Maps, menjelajahi tempat-tempat baru menjadi hal yang lebih mudah untuk kamu lakukan. Bahkan selama pandemi yang membuat orang tak memungkinkan untuk keluar rumah, menjelajahi tempat-tempat di dunia dengan Google Maps dapat menjadi sebuah usaha mengobati kerinduan akan traveling.

Meski demikian, tahukah kamu bahwa ada tempat di Bumi yang tidak terlihat bahkan di Google Maps, karena kabur atau berpiksel karena suatu alasan atau lainnya. Tempat-tempat tersebut keberadaannya atau bangunan yang berada di sana dirahasiakan dengan alasan tertentu.

Seperti beberapa tempat rahasia di Bumi berikut ini, kamu tidak bisa melihatnya di Google Maps. Dihimpun dari berbagai sumber, ini dia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Cattenom - Prancis

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Cattenom adalah pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar kesembilan di dunia, yang terletak di Grand Est, dekat dengan kota Luksemburg. Jika Anda mencoba menemukannya di Google Maps, seluruh area fasilitas telah di-piksel pada peta.

 

3 dari 9 halaman

2. Bandara Internasional Kos - Yunani

Terletak di pulau Kos di Yunani, Bandara Internasional Kos tampak kabur di Google Maps. Kabarnya, bandara ini melayani penerbangan charter yang membawa pengunjung ke pulau itu, yang paling aktif selama bulan-bulan musim panas.

 

4 dari 9 halaman

3. Pulau Amchitka - Alaska

Jika Anda mencari pulau ini, Anda akan melihat bahwa lebih dari setengah pulau itu kabur. Sesuai catatan, Amchitka dipilih oleh Komisi Energi Atom AS pada akhir 1950-an, untuk menjadi lokasi uji coba nuklir bawah tanah.

Kabarnya, tiga uji coba nuklir bawah tanah telah dilakukan di pulau ini. Hari ini, pulau ini sedang dipantau untuk setiap kebocoran bahan radioaktif; pulau ini dijadwalkan akan menjadi cagar alam dengan akses terbatas pada tahun 2025.

 

5 dari 9 halaman

4. Pulau Jeannette - Rusia

Jika Anda mengetik Jeannette Island Russia dan mencoba mencari di Google Maps, Anda tidak akan menemukan apa pun. Terletak di Laut Siberia Timur, meskipun orang tidak dapat melihatnya, ini diyakini sebagai pangkalan militer Rusia yang tidak ingin ditunjukkan kepada dunia.

 

6 dari 9 halaman

5. Situs Nuklir Marcoule - Prancis

Jika Anda ingin melihat Situs Nuklir Marcoule Prancis di Google Maps, Anda tidak akan dapat melihatnya karena seluruh situs tampak berpiksel di peta. Laporan mengatakan bahwa itu telah dilakukan atas permintaan Pemerintah Prancis, karena itu adalah salah satu fasilitas penelitian nuklir terbaik Prancis.

 

7 dari 9 halaman

6. Bandara Minami Torishima - Jepang

Meskipun tempat ini tidak kabur di Google Maps Jepang, Anda akan melihat bahwa bandara satu landasan pacu di pulau Minami Torishima ini terlalu jenuh dengan warna putih. Kemungkinan alasan yang dikutip untuk ini adalah bahwa pulau itu digunakan oleh Pasukan Bela Diri Maritim Jepang.

 

8 dari 9 halaman

7. Pulau Moruroa - Polinesia Prancis

Buka Google Maps dan lihat pulau ini. Meskipun Anda akan dapat melihat setengah dari pulau ini dengan jelas, setengah lainnya terlihat kabur. Sesuai laporan, Prancis melakukan uji coba nuklir di Mururoa antara 1966 dan 1996. Juga, pulau ini terlarang bagi pengunjung.

 

9 dari 9 halaman

8. High-Frequency Active Auroral Research Program - Gakona, Alaska

Tempat ini didanai oleh Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) dan Angkatan Udara AS. Jika Anda mencarinya di Google Maps, Anda akan dapat melihat bangunannya tetapi gambarnya terlalu jenuh dengan warna putih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.