Sukses

Kerap Dipandang Negatif, Hubungan Asmara dengan Beda Usia yang Jauh Juga Bisa Langgeng

Hubungan asmara dengan rentang usia jauh kerap dipandang negatif

Liputan6.com, Jakarta Terlepas dari semua perbedaan, sepertinya orang-orang dari seluruh dunia memiliki setidaknya satu kesamaan. Seperti fakta bahwa, rata-rata, suami sedikit lebih tua dari istri mereka.

Banyak orang berpendapat bahwa suami yang lebih tua dapat menjaga rumah tangga dengan baik. Pengalaman dan usia seolah menjadi jaminan akan hal tersebut. Namun, benarkah demikian?

Padahal pada faktanya ada banyak jenis pasangan, termasuk beberapa dengan perbedaan usia yang signifikan. Tentu Anda pernah menemukan pasangan dengan rentang usia yang cukup jauh. Baik dari pihak suami maupun sebaliknya.

Terdapat stigma negatif apabila pihak wanita yang lebih tua ketimbang pasangannya. Atau bila rentang usia mereka cukup jauh. Meski kenyataannya, tidak ada tempat untuk stereotip dalam sebuah hubungan asmara.

Menariknya, menurut psikologi, hubungan perbedaan usia dikatakan bisa berhasil dengan baik. Berikut penjelasannya seperti dihimpun dari Brightside.me.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Hubungan perbedaan usia bukanlah masalah besar

Begitu publik mengetahui tentang pasangan selebriti baru dengan perbedaan usia yang cukup jauh, itu segera menjadi berita besar, yang cukup menceritakan fakta bahwa masih ada stigma di masyarakat kita seputar hubungan ini. Ini dibuktikan oleh sebuah penelitian di mana para peserta menilai pasangan yang beragam: ditemukan bahwa romansa Mei-Desember mendapat skor yang jauh lebih rendah.

Ketika wanita lebih tua dalam suatu hubungan, dia biasanya menerima lebih banyak kritik, tidak seperti kemitraan di mana pria lebih tua. Pada saat yang sama, tipe mantan pasangan cenderung dianggap lebih setara.

Namun, para psikolog mencatat bahwa hanya wanita yang dirujuk dengan istilah yang menghina (seperti "cougar" atau "gold digger"), sementara pria biasanya dipuji, yang merupakan standar ganda yang jelas.

 

3 dari 5 halaman

Hubungan yang membuat orang puas

Hal terpenting yang harus diperhatikan di sini adalah apakah orang mendapatkan apa yang mereka inginkan dari hubungan yang mereka jalani. Menurut penelitian, baik pria maupun wanita lebih puas dengan pasangan yang lebih muda, setidaknya di awal hubungan mereka. Juga, para ahli mengklaim bahwa wanita yang secara khusus berkencan dengan pria yang lebih muda merasa lebih percaya diri dan aktif.

 

4 dari 5 halaman

Cara mengetahui hubungan itu akan berhasil atau tidak

Jawaban yang benar di sini adalah bahwa setiap pasangan itu unik dan tidak ada kebenaran universal. Namun, beberapa aturan tetap berlaku: pasangan Anda dan Anda harus memiliki minat yang sama, tujuan hubungan, dan orang-orang yang mendukung di sekitar Anda.

Sangat menarik bahwa beberapa peneliti berpikir bahwa bukan usia Anda yang sebenarnya yang penting, melainkan usia yang Anda rasakan, jadi ini juga harus dipertimbangkan.

 

5 dari 5 halaman

Perbedaan untuk pasangan sesama jenis

Studi menunjukkan bahwa dalam pernikahan homoseksual, perbedaan usia antara orang-orang seringkali lebih besar dibandingkan dengan yang heteroseksual, meskipun pasangan gay antargenerasi menghadapi lebih banyak kritik.

Mereka masih merasa seperti satu kesatuan, menikmati manfaat bersama yang dibawa oleh perbedaan usia, dan menghargai dukungan orang-orang di sekitarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.