Sukses

Kerap Dianggap Aneh, Ternyata Ini 4 Manfaat Tidak Punya Teman

Orang yang tidak memiliki teman kerap dianggap aneh. Padahal, ini juga memiliki banyak manfaat. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Memiliki teman adalah salah satu bukti bahwa manusia adalah makhluk sosial yang tak bisa hidup tanpa manusia lainnya. Tidak hanya itu, memiliki teman memberi banyak manfaat bagi kesehatan.

Dengan banyaknya manfaat memiliki teman, ada kalanya orang yang lebih suka sendirian dipandang aneh oleh orang lain. Mereka yang anti sosial dianggap makhluk asing, berbeda dan pantas untuk dijauhi.

Padahal, faktanya tidak demikian. Meski memiliki teman memang banyak manfaatnya, namun sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa menjadi tidak sosial bukanlah sesuatu yang harus Anda khawatirkan. Hal ini dikarenakan, menghabiskan lebih banyak waktu sendirian ternyata juga dapat membawa banyak manfaat bagi diri Anda.

Apa saja? Seperti dihimpun dari berbagai sumber, ini dia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Menghabiskan waktu sendirian dapat meningkatkan kreativitas Anda

Terus-menerus berinteraksi dengan seseorang dapat mengalihkan pikiran Anda dan menghalangi upaya Anda untuk bertukar pikiran tentang ide-ide baru.

Di sisi lain, waktu sendirian memungkinkan kreativitas Anda berkembang dan meningkatkan imajinasi Anda. Ini membantu Anda menghilangkan kebisingan latar belakang dan membuat Anda lebih sadar akan pikiran Anda sendiri.

 

3 dari 5 halaman

2. Ini membantu Anda melihat sesuatu secara berbeda

Menghabiskan waktu dengan orang lain dapat memunculkan ciri kepribadian Anda yang berbeda. Dan meskipun meniru perilaku seseorang dapat membantu Anda menjalin ikatan dengan teman-teman Anda, itu bisa sedikit mengubah kesadaran diri Anda.

Terkadang, untuk membuat teman Anda merasa lebih nyaman, Anda mungkin lupa memikirkan atau memperhatikan kebutuhan dan perasaan Anda sendiri.

Memiliki lebih sedikit atau tidak memiliki teman terkadang memungkinkan Anda untuk lebih selaras dengan diri sendiri dan mengalami hal-hal sebagaimana Anda benar-benar melihatnya.

 

4 dari 5 halaman

3. Memaksa pertemanan tidak akan menguntungkanmu sama sekali

Merasa tertekan untuk berteman dengan orang yang tidak memiliki banyak kesamaan dengan Anda, dan yang tidak peduli dengan kebutuhan dan minat Anda, dapat membuat Anda cemas.

Sosialisasi paksa berarti Anda kehilangan waktu berharga untuk dihabiskan sendirian dengan diri sendiri, dan itu bisa membuat Anda merasa tidak enak di penghujung hari.

5 dari 5 halaman

4. Memiliki 'me time' yang berkembang dengan baik membantu Anda membuat pilihan yang lebih baik dalam hidup

Tidak menghabiskan "me time" yang berkualitas sering kali dapat membuat sulit untuk mengetahui dengan tepat apa yang Anda inginkan dalam hidup. Dan dengan demikian, terbawa oleh orang dan keadaan, Anda akhirnya harus berjuang untuk membuat pilihan Anda sendiri atau tidak memilih sama sekali karena mengikuti kata-kata orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.