Sukses

Studi: Berjalan Kaki 7000 Langkah per Hari Dapat Membuat Hidup Lebih Lama

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang paruh baya yang berjalan kaki sekitar 7.000 langkah sehari ternyata dapat memiliki umur yang lebih panjang.

Liputan6.com, Jakarta Berjalan kaki merupakan olahraga yang mudah untuk menurunkan berat badan dan menerapkan gaya hidup yang lebih sehat. Namun, tahukah Anda bahwa berjalan kaki juga dapat memperpanjang umur Anda?

Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa orang paruh baya yang berjalan kaki sekitar 7.000 langkah sehari ternyata dapat memiliki umur yang lebih panjang.

Dilansir dari Worldofbuzz, studi yang dipublikasikan oleh jurnal JAMA Network Open ini dipimpin oleh Amanda Paluch, asisten profesor di departemen kinesiologi Universitas Massachusetts.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Risiko Kematian Lebih Rendah

Studi tersebut menemukan bahwa individu paruh baya yang berjalan sekitar 7.000 langkah per hari memiliki risiko kematian 50 hingga 70% lebih rendah dari berbagai jenis penyakit dibandingkan dengan mereka yang berjalan kaki lebih sedikit.

Penelitian ini dilakukan pada pria dan wanita paruh baya. Penelitian yang sama mengungkapkan bahwa berjalan lebih cepat tidak akan memberikan hasil yang lebih baik dan jumlah langkah yang diambil per menit tidak mempengaruhi risiko kematian.

3 dari 4 halaman

Memperpanjang Umur

United Press International juga menyatakan bahwa Dr Guy Mintz, direktur kesehatan jantung Northwell Health di Rumah Sakit Jantung Sandra Atlas Bass di New York, menemukan penelitian ini menarik.

Tidak perlu bergabung dengan gym, tidak perlu membeli peralatan olahraga, cukup mulai berjalan.

Namun, penelitian tersebut tidak menjelaskan bagaimana berjalan kaki dapat memperpanjang umur seseorang. 

Namun, olahraga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular karena meningkatkan tekanan darah, kolesterol, dan berat badan,” tegas Dr Mintz.

4 dari 4 halaman

Mulailah Berjalan Kaki Lebih Sering

Seorang asisten profesor klinis di University of Florida di Gainesville, Dr Michael Massomi, menyarankan individu yang tidak terbiasa berjalan terlalu banyak untuk fokus berjalan lebih banyak daripada hari sebelumnya.

Jika Anda mendapatkan kurang dari 5.000 langkah sehari, cobalah untuk meningkatkannya menjadi 6.000 dalam beberapa minggu ke depan.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.