Sukses

5 Tips Agar Anjing Anda Hidup Sehat Lebih Lama

Anjing yang rentan terhadap penyakit tertentu dapat membatasi umur mereka

Liputan6.com, Jakarta- Bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan anjing di rumah, pasti pernah merasa kalau kita tidak memiliki waktu yang cukup dengan hewan peliharaan kita. Biasanya anjing hanya hidup sekitar sepuluh hingga 14 tahun.

Namun ada juga beberapa anjing yang secara alami memiliki umur yang lebih panjang.  Berbagai macam faktor seperti rentan terhadap suatu penyakit tertentu menjadi penyebab yang dapat membatasi umur mereka.

Artinya, banyak hal yang dapat kita lakukan untuk membuat umur teman berbulu kita berusia lebih panjang. Berikut ini adalah cara yang dapat kita lakukan dilansir dari Theconversation.com.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Perhatikan lingkar pinggang

Mempertahankan berat badan yang sehat menjadi salah satu faktor agar hewan peliharaan kita memiliki umur yang panjang. Kita harus memastikan anjing kita tidak memiliki berat badan yang berlebihan dengan mengelola asupan kalori mereka. 

Pantau dan terus kelola berat badan teman berbulu Anda dengan rutin meninmbang tubuh anjing Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengubah jenis makanan yang anjing Anda konsumsi untuk mempertahankan berat badan yang sehat. 

Nutrisi yang baik juga dapat dikaitkan dengan proses penuaan yang sehat. Tentunya nutrisi yang baik berbeda-beda pada setiap anjing, pastikan dengan baik untuk mencari makanan yang aman dan enak yang menyediakan semua nutrisi yang dibutuhkan oleh anjing Anda.

3 dari 6 halaman

Rutin mengajak jalan anjing Anda

Olahraga tentunya bermanfaat bagi fisiologis dan psikologis baik untuk kita, manusia, dan anjing kita. Dengan melakukan aktivitas fisik dapat membantu anjing kita memiliki berat badan ideal yang sehat. 

Meskipun olahraga tidak memperpanjang umur anjing Anda, tetapi hal ini dapat mencegah anjing Anda memiliki berat badan yang berlebih

4 dari 6 halaman

Memberikan trik atau ajaran baru

Tidak hanya fisik yang menua tetapi pikiran juga. Menjaga pikiran anjing Anda untuk tetap aktif juga dapat membantu Anda. Ketika melakukan aktivitas fisik, pilihlah permainan dan aktivitas yang dapat melatih mental dan fisik mereka. Misalnya bermain dengan indra penciuman. 

Menggunakan hidung ketika bermain adalah aktivitas yang menyenangkan bagi  anjing Anda dan tentunya bermanfaat. Jadi, dengan melakukan aktivitas tersebut dapat melatih anjing Anda untuk menemukan barang dengan aroma yang mereka cium, akan melatih mereka secara mental maupun fisik.

Selain itu, dengan melakukan latihan seperti hidroterapi, sejenis latihan renang, adalah pilihan yang tepat,  terutama bagi anjing Anda yang mengalami suatu kondisi yang mempengaruhi kemampuan mereka dalam berolahraga.

5 dari 6 halaman

Melakukan bonding

Berbagai hewan pendamping salah satunya anjing, memiliki hubungan atau ikatan yang kuat dengan pemiliknya. Ikatan ini memberikan hubungan persahabatan antara manusia dan anjing, bahkan pecinta anjing menganggapnya sebagai anggota keluarga. 

Ikatan yang kuat antara anjing dengan pemiliknya dapat membantu menjaga hubungan yang bahagia baik bagi Anda dan Anjing Anda. Hal ini juga dapat membantu Anda mengenal perubahan perilaku atau gerakan yang dilakukan oleh anjing Anda. 

6 dari 6 halaman

Rutin lakukan kunjungan ke dokter hewan

Melakukan kunjungan ke dokter hewan dapat membantu mencegah dan mengatasi masalah kesehatan pada hewan peliharaan Anda. Adanya vaksinasi juga berhasil mencegah penyakit pada anjing dan manusia seperti toksokariasis dan rabies. 

Jangan pernah lewatkan jadwal rutin kunjungan ke dokter hewan karena dapat membantu Anda menyesuaikan perawatan anjing dan mendiskusikan kebutuhan anjing Anda. Periksa kesehatan secara teratur juga berguna dalam menjelaskan masalah yang sedang diatasi seperti masalah gigi atau osteoartritis yang berdampak negatif pada kesehatan anjing Anda.

Penulis

Stephanie

Universitas Multimedia 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.