Sukses

Kembalinya Kebiasaan Berkumpul dan Berjabat Tangan Setelah Pandemi

Kapan terakhir kali Anda menjabat tangan atau pelukan dengan seseorang?

Liputan6.com, Jakarta- Saat bertemu dengan seseorang, kita telah terbiasa menyapanya dengan berjabat tangan atau bahkan berpelukan. Namun penyebaran virus covid-19 telah membuat kita semua tidak bisa melakukan kontak fisik dengan orang lain, seperti berjabat tangan atau berpelukan. 

Dilansir dari metro.co.uk, para ahli mengatakan setelah pandemi berakhir, tidak dianjurkan untuk melakukan jabat tangan karena dapat meningkatkan penyebaran virus tidak hanya covid-19 tetapi juga virus lain seperti influenza. 

Namun tahukah Anda bahwa dengan melakukan pelukan, bersosialisasi dan berkumpul, serta  berjabat tangan memiliki alasan yang penting baik dalam segi sosial, psikologis, dan biologis?

Hilangnya sentuhan dapat memberikan dampak yang buruk bagi seseorang. Namun berjabat tangan, pelukan, dan bersosialisasi memiliki manfaat jangka panjang. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pentingnya sentuhan kontak fisik

Sejak lahir, kontak fisik dapat meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi stress, serta dapat membangun koneksi dengan orang yang kita cintai. Ketika kita baru lahir, biasanya para orang tua melakukan skin-to-skin dengan kulit bayi karena dapat mengatur detak jantung serta dapat menenangkan ibu dan bayi secara emosional.

Melakukan kontak fisik seperti berpegangan tangan dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi stress. Selain itu, berjabat tangan juga merupakan suatu budaya penting yang untuk membangun kepercayaan dengan seseorang.

3 dari 4 halaman

Kebiasaan berkumpul

Dalam sebuah penelitian telah ditemukan bahwa banyak orang yang merasa khawatir dengan kebiasaan berkumpul karena pandemi covid-19 ini, bahkan ketika pandemi ini telah selesai. 

Namun berkumpul dapat membantu kita dalam bersosialisasi. Ketika suasana hati kita sedang baik-baik saja, kerumunan  seperti acara pernikahan, konser, dan berbagai acara lainnya, dapat membangun solidaritas, dan kebersamaan.

4 dari 4 halaman

Mengembalikan kebiasaan lama

Pandemi covid-19 membuat seseorang memiliki kesadaran yang tinggi terhadap kesehatan dan kebersihan di sekitar mereka. Namun kebiasaan bersosialisasi sebagai makhluk sosial membuat kita semua sulit untuk melakukan social distancing. 

Setelah pandemi covid-19 berakhir, kita perlu menyeimbangkan kebiasaan lama dan kebiasaan baru. Ketika kebijakan yang mencegah kita berkumpul secara fisik akan dicabut, tentunya kita dapat berjabat tangan atau berpelukan. Namun tetap mempertahankan kebersihan kita dengan baik. 

Penulis:

Stephanie

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.