Sukses

Ketahui Kepribadian Tersembunyi Anda Berdasarkan 5 Genre Musik

Apa yang diungkapkan genre musik Anda terhadap kepribadian Anda?

Liputan6.com, Jakarta- Apakah Anda pernah menilai seseorang berdasarkan genre musik kesukaan mereka? Musik dapat menjadi peran penting dalam kehidupan segelintir individu.

Mendengarkan musik juga menjadi salah satu cara untuk menaikkan mood Anda, membangun motivasi, bahkan untuk mendapatkan inspirasi.

Ketika berkenalan dengan orang baru, kita selalu tertarik untuk mengetahui jenis musik yang mereka dengarkan. Bahkan kita bisa merasa tertarik dan antusias saat mengetahui Anda memiliki selera musik yang sama.

Melansir dari Verywellmind, Selasa (7/9/2021), sebuah studi dari Universitas Heriot Watt menunjukkan bahwa alasan seseorang merasa defensif terhadap selera musik mereka karena berkaitan dengan sikap dan kepribadiannya.

Berikut lima genre musik yang menunjukkan ciri-ciri kepribadian seseorang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Musik Pop

Bila Anda penggemar musik pop, Anda cenderung memiliki kepribadian yang ekstrovert, jujur dan konvensional.

Para peneliti juga mengungkapkan pecinta musik pop adalah seorang pekerja keras dan memiliki harga diri yang tinggi. 

Namun, disisi lain mereka mudah gelisah dan kurang kreatif. Sebagai penggemar musik pop, kemungkinan besar Anda adalah seseorang yang ESFP, ESFJ, atau ISFP.

3 dari 6 halaman

2. Musik Classic

Bagi Anda para pecinta musik klasik, Anda dikenal sosok yang introvert atau tertutup pada lingkungan di sekitar Anda. Selain itu, Anda juga memiliki intuisi yang baik dan harga diri yang tinggi. 

Biasanya, orang yang memiliki genre musik klasik lebih pintar dari pecinta musik lainnya. Jika Anda hobi mendengarkan beethoven, Mozart dan Bach, berarti Anda penggemar musik Klasik.

4 dari 6 halaman

3. Musik Rap dan Hip Hop

Penggemar musik rap atau hip hop seringkali dicap sebagai orang yang agresif dan kejam. Namun, para peneliti mengungkapkan, seseorang yang menyukai musik rap atau hip hop terbukti memiliki sikap yang ramah dan tentunya ekstrovert.

Melansir dari Loopearplugs, Selasa (7/9/2021), seseorang dengan genre musik hip hop senang bersosialisasi, berenergik dan tentunya memiliki harga diri yang cukup tinggi.

Kebanyakan dari mereka yang mendengarkan genre ini lebih sensing (tidak suka bertele-tele dan tidak jelas) daripada intuisi. Mereka menyukai sesuatu yang nyata dan konkret. 

5 dari 6 halaman

4. Musik Rock/Heavy Metal

Memiliki citra yang agresif, pecinta musik rock/heavy metal merupakan penggemar musik dengan kepribadian yang cukup lembut. Mereka juga merupakan orang yang intuitif. 

Ketika penggemar musik ini sedang dihadapi oleh tantangan, Anda merupakan orang yang santai dan fleksibel. Selain itu, terdapat beberapa jenis rock. Pertama, classic rock, kemungkinan Anda adalah pekerja keras, nyaman dengan diri sendiri, serta menyukai nostalgia.

Kedua, indie rock. Mereka berlawanan dengan classic rock. Seorang penggemar indie rock Anda seorang yang cenderung malas namun Anda memiliki tingkat kreativitas yang cukup tinggi.

6 dari 6 halaman

5. Musik Jazz

Anda senang mendengarkan alunan musik yang syahdu? Bisa jadi Anda menyukai genre musik jazz. Bagi mereka para penggemar musik jazz biasanya merupakan orang yang ekstrovert. 

Selain itu, Anda juga memiliki harga diri yang tinggi, kreativitas yang tinggi, cerdas dan orang yang santai. Tidak heran bila seseorang yang menyukai musik jazz adalah orang yang pemikir.

Penulis:

Stephanie

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.