Sukses

4 Tips Mudah Hentikan Kebiasaan Scrolling Media Sosial Sepanjang Hari

Ada beberapa cara mudah bagi Anda untuk menghentikan kebiasaan scrolling media sosial sepanjang hari.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 membuat sebagian besar dari kita terjebak di rumah sepanjang hari dalam waktu yang cukup lama. Kita tidak bisa bersosialisasi sepuasnya dan tentu bosan dengan rutinitas yang monoton. 

Hal ini nampaknya membuat intensitas kita untuk menggunakan smartphone lebih sering dari biasanya. Ya, salah satu hal yang terlintas di pikiran kita saat bosan di rumah adalah memeriksa ponsel kita. 

Saat kita membuka ponsel, insting pertama kita adalah memeriksa semua platform media sosial. Tak jarang dari kita yang lantas tidak bisa berhenti.

Mungkin banyak yang tak menyadari bahwa scrolling media sosial tanpa henti dapat menimbulkan berbagai emosi negatif. Itu bisa membuat Anda iri dengan kehidupan orang lain dan bisa membuat Anda merasa seperti tertinggal dari mereka. 

Hal itu juga bisa membuat Anda merasa lelah, cemburu dan tidak kompeten. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara mudah bagi Anda untuk menghentikan kebiasaan scrolling media sosial sepanjang hari dan menyelamatkan diri dari jebakan itu. Dikutip dari Pinkvilla, Selasa (7/9/2021), ini yang bisa Anda lakukan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Habiskan Waktu Luang dengan Melakukan Hobi

Setiap kali kita senggang atau ingin istirahat dari pekerjaan tak jarang dari kita langsung membuka media sosial.

Padahal ada banyak hal menarik lainnya yang dapat Anda lakukan di waktu luang Anda, seperti melakukan hobi Anda dan berusaha secara sadar untuk menjauh dari ponsel Anda.

3 dari 5 halaman

2. Gunakan Aplikasi

Ada banyak aplikasi di mana Anda dapat mengatur jumlah waktu tertentu untuk menggunakan media sosial dan ketika Anda melewati waktu itu, aplikasi mengirimi Anda pemberitahuan untuk tidak menggunakan media sosial lebih jauh.

Aplikasi semacam itu bisa sangat membantu dalam menghentikan kebiasaan scrolling media sosial yang tanpa akhir. 

4 dari 5 halaman

3. Matikan Notifikasi

Ketika misalnya, Anda sedang bekerja dan ponsel Anda berdering untuk memberi tahu Anda bahwa seseorang baru saja mengunggah gambar baru di profil mereka, tak sedikit dari Anda langsung menghentikan pekerjaan Anda untuk melihat unggahan mereka dan akhirnya tanpa scrolling media sosial selama satu jam. 

Jadi untuk menghentikan hal ini terjadi, cara terbaik adalah mematikan notifikasi media sosial Anda agar tidak mengganggu Anda.

5 dari 5 halaman

4. Sembunyikan Aplikasi Media Sosial

Cara efektif lainnya adalah dengan menyembunyikan ikon aplikasi media sosial Anda. Anda cukup membuat folder lain dan menambahkan semua ikon aplikasi media sosial ke dalam folder itu sehingga saat Anda membuka ponsel, Anda tidak perlu melihat aplikasi tersebut di layar beranda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.