Sukses

Memahami Pikiran Lawan Bicara dengan Membaca 6 Bahasa Tubuh Ini

Gerakan apa yang Anda perhatikan pada lawan bicara Anda? Apakah Anda mempercayainya?

Liputan6.com, Jakarta- Pernahkah Anda berbicara dengan seseorang dan memperhatikan ekspresi wajah atau gerakan tubuhnya? Apakah menurut Anda kata-kata yang mereka ucapkan selaras dengan gestur tubuh mereka? 

Sebagian besar komunikasi manusia terlihat melalui bahasa tubuh mereka dibandingkan kata-kata yang mereka ucapkan. Bahasa tubuh memberikan banyak sekali informasi tentang apa yang ada di pikiran seseorang. Seseorang yang bisa membaca bahasa tubuh seperti gerakan tangan, mata, atau posisi tubuh mampu meningkatkan kemampuan komunikasi Anda. 

Bahasa tubuh adalah komunikasi non verbal yang berhubungan dengan ekspresi wajah dan gerakan tubuh yang dapat mengekspresikan apa yang sebenarnya ada dipikiran seseorang.

Dilansir dari Inc.com, sebuah penelitian menunjukkan bahwa dalam berkomunikasi, hanya 7% yang didasarkan pada kata-kata, 38% intonasi atau nada berbicara, dan 55% berasal dari bahasa tubuh. Nah, berikut 5 jenis bahasa tubuh yang dapat Anda perhatikan pada lawan bicara Anda dirangkum dari beberapa sumber.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Perhatikan Arah Mata

Arah mata merupakan gestur tubuh yang paling mudah untuk dibaca. Dilansir dari Brightside, ketika seseorang sedang berbicara Anda dapat memperhatikan arah mata mereka kemana. Saat lawan bicara Anda melihat ke kiri, kita dapat memahami bahwa mereka sedang mencoba untuk mengingat hal-hal yang ingin mereka bicarakan. 

Sedangkan jika bola mata mereka melihat ke arah kanan, dapat diartikan bahwa mereka sedang berbohong atau mengarang apa yang mereka katakan. Selain itu, jika seseorang sedang berbohong, Anda dapat melihat lawan bicara Anda menghindari kontak mata atau tidak bisa melakukan kontak mata terlalu lama. 

3 dari 7 halaman

Menyentuh Alis

Jika lawan bicara Anda menggosok atau menyentuh alis mereka dari dalam ke luar, ini menunjukkan gerakan tubuh yang berhubungan dengan sesuatu yang positif. Dikutip dari Brightside, orang yang melakukan gerakan tersebut bisa jadi karena mereka menyukai sesuatu atau seseorang. 

Selain itu, gerakan ini juga bisa menunjukkan ketertarikan lawan bicara Anda karena sedang berada di situasi yang menyenangkan atau mereka sedang memikirkan sesuatu yang menyenangkan.

4 dari 7 halaman

Meletakkan Tangan di Pinggang

Meletakkan tangan di pinggul adalah gerakan yang cukup umum. Jika Anda melihat seseorang meletakkan tangannya di pinggul ketika sedang berbicara dapat diartikan menjadi berbagai hal. 

Anda harus memperhatikan gerakan lain yang mengikutinya. Hal ini dikarenakan bisa menjadi tanda kemarahan, pembangkangan, atau kejengkelan. Di sisi lain, gerakan tubuh ini juga bisa diartikan sebagai kebanggan dan kepercayaan diri. 

5 dari 7 halaman

Memiringkan Kepala

Saat berbicara dengan seseorang terkadang kita sering memiringkan kepala secara tidak sadar. Ternyata memiringkan kepala ke satu sisi menunjukkan bahwa lawan bicara kita sedang menyimak cerita yang sedang disampaikan oleh kawan bicaranya. Ketika kepala dimiringkan saat sedang berbicara, ini juga bisa diartikan sebagai tanda hormat lawan bicara kita kepada seseorang yang kita sukai.

6 dari 7 halaman

Menyentuh Hidung

Menyentuh hidung seringkali dianggap tidak penting atau gerakan refleks sebagai bentuk dari respon tubuh Anda terhadap rasa gatal di area itu. Nyatanya gerakan menyentuh hidung memiliki arti lain lho. 

Dikutip dari Brightside, ketika lawan bicara Anda menyentuh hidung, gerakan ini bisa menandakan bahwa lawan bicara Anda merasa kurang yakin terhadap sesuatu yang sedang bicarakan. Selain itu, bila seseorang merasakan kecemasan atau gugup, mereka akan menyentuh hidung mereka.

7 dari 7 halaman

Meniru Lawan Bicara

Selama Anda berinteraksi dengan seseorang, apakah Anda pernah meniru lawan bicara Anda atau bahkan Anda yang ditiru? Meniru orang lain seperti ikut menyilangkan kaki, meniru nada suara atau sikap orang lain menandakan bahwa seseorang menunjukkan minat atau ketertarikannya. Dalam kebanyakan kasus, orang yang meniru lawan bicaranya adalah gerakan yang dilakukan secara tidak sadar. Ini pertanda bahwa seseorang menerima pesan Anda.

 

Penulis:

Stephanie 

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.