Sukses

5 Kesalahan Menggosok Gigi yang Buruk Bagi Kesehatan Mulut

Kesalahan menyikat gigi yang paling sering dilakukan. Apakah Anda pernah melakukannya?

Liputan6.com, Jakarta- Menyikat gigi menjadi kebiasaan yang sudah kita terapkan sejak kecil. Biasanya kita meluangkan 2-5 menit untuk menyikat gigi dua kali sehari. Memiliki napas yang bau mulut atau hawa mulut yang tidak segar adalah salah satu tanda kurangnya kebersihan pada mulut.

Penting bagi kita untuk menjaga kebersihan mulut agar tidak menimbulkan masalah gigi seperti kerusakan pada gigi Anda.

Dengan menyikat gigi secara rutin dapat membantu kita mengurangi bau mulut. Namun, terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika menggosok gigi karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan. 

Berikut lima kesalahan menyikat gigi yang paling umum, seperti melansir dari beberapa sumber:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Menyikat gigi terlalu keras

Menggunakan sikat gigi terlalu keras dengan helaian bulu yang keras dapat menyebabkan masalah gigi seperti erosi.

Melansir dari Mymagnoliadental, Senin (13/9/2021), Anda dapat menyikat gigi dengan menggunakan sikat gigi yang lembut. Sikat gigi dengan bulu yang halus dapat membantu menghilangkan plak gigi tanpa merusak struktut lainnya. 

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan teknik Anda menyikat gigi. Anda dapat menyikatnya lebih lembut dengan memulainya dari gerakan lembut ke atas dan ke bawah dengan gerakan melingkar kecil. Teknik ini dapat menghilangkan plak dan mencegah iritasi gusi.i

3 dari 5 halaman

2. Terlalu terburu-buru

Ketika menyikat gigi, jangan melakukannya dengan terburu-buru. Meskipun disarankan menyikat gigi selama dua menit, biasanya sebagian orang terburu-buru dan hal ini dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi.

Ketika Anda menyikat gigi secara terburu-buru bisa menyebabkan beberapa tempat terlewatkan. Hal ini bisa menyebabkan terbentuknya plak, bahkan karang gigi. 

4 dari 5 halaman

3. Menggunakan obat kumur

Meskipun obat kumur diyakini bisa membersihkan mulut, namun obat kumur tidak bisa membersihkan beberapa bagian yang sulit dijangkau di antara gigi-gigi Anda.

Dilansir dari Nbcnews, obat kumur dapat mendisinfeksi rongga mulut namun tidak mampu menghilangkan kotoran mulut secara efektif.

Anda dapat menggunakan floss gigi untuk membersihkan rongga mulut. Floss gigi dapat membersihkan sela-sela gigi dengan baik. 

5 dari 5 halaman

4. Tidak mengganti sikat gigi

Menggunakan sikat gigi yang salah dapat merusak kesehatan mulut Anda. Jika Anda tidak mengganti sikat gigi Anda, sikat gigi tersebut akan mengandung banyak bakteri.

Dilansir dari Mymagnoliadental, dianjurkan untuk mengganti sikat gigi setiap 3-4 bulan. Selain itu, ketika baru sembuh sakit, Anda juga dianjurkan untuk mengganti sikat gigi Anda. 

Penulis:

Stephanie

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.