Sukses

5 Tanda Tubuh Anda Tak Mencerna Lemak dengan Baik

Berikut ini beberapa tanda bahwa tubuh Anda tak mencerna lemak dengan baik

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat awam memiliki pemikiran bahwa mengonsumsi lemak akan membuat Anda gemuk dan rentan terhadap penyakit jantung. Padahal faktanya tidak demikian.

Sama seperti protein dan karbohidrat, lemak juga merupakan salah satu dari tiga makronutrien vital yang dibutuhkan tubuh kita dalam jumlah besar untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Ini adalah jenis lipid-protein yang menyediakan energi, bantalan organ, membantu sel tumbuh dan berkembang biak, dan membuat tubuh tetap hangat.

Hampir semua makanan yang Anda konsumsi dalam sehari mengandung sejumlah lemak. Perbedaannya adalah beberapa di antaranya sehat dan diperlukan untuk kesehatan yang optimal, sementara yang lain dapat membuka jalan bagi banyak sekali masalah kesehatan.

Agar organ internal Anda berfungsi secara efisien, Anda tidak hanya perlu makan lemak sehat, tetapi tubuh Anda harus dapat mencernanya. Lemak yang tak dicerna dengan baik dapat menyebabkan berbagai kondisi seperti gangguan hati, sindrom usus kecil, dan masalah dengan usus kecil.

Berikut adalah lima tanda bahwa tubuh Anda tidak menyerap lemak secara efisien seperti dihimpun dari TimesofIndia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kotoran yang terapung

Kotoran Anda mengungkap banyak rahasia tentang kesehatan Anda dan jika Anda melihatnya mengambang di toilet Anda, itu berarti lemak tidak dicerna dengan baik. Kotoran jenis ini berwarna lebih pucat dan terus kembali ke permukaan setelah Anda menyiram.

Jika itu terjadi sesekali maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Ketika perut mencerna lemak dengan baik, warna fesesnya sedang hingga coklat tua dan berbau.

 

3 dari 6 halaman

2. Sakit maag

Kita cenderung mengalami mulas setelah makan makanan pedas atau berminyak atau setelah makan terburu-buru. Tetapi jika Anda mengalami mulas bahkan setelah makan makanan sehat maka itu bisa menjadi tanda gangguan pencernaan lemak. Periksa dengan dokter Anda untuk mengetahui penyebab atau kondisi kesehatan yang mendasarinya.

 

4 dari 6 halaman

3. Sakit di bawah tulang rusuk

Ketika tubuh mengalami kesulitan dalam memproduksi enzim khusus yang diperlukan untuk mencerna lemak, Anda bisa mengalami rasa sakit di bawah tulang rusuk Anda. Itu terjadi karena penumpukan gas dan peradangan tingkat rendah. Rasa sakit biasanya berlangsung selama 30 atau 40 menit setelah makan makanan berlemak.

 

5 dari 6 halaman

4. Masalah kulit

Kulit kusam dan kering; luka yang mudah membekas dan butuhkan waktu lama untuk sembuh adalah tanda yang terlihat dari gangguan pencernaan lemak. Kulit kita adalah penghalang lemak yang tidak larut dalam air yang melindungi organ dalam kita dari dunia luar.

Untuk melakukan fungsinya dengan baik itu membutuhkan lemak. Kekurangan nutrisi ini bisa membuat kulit Anda kering, bersisik dan gatal, yang mudah bekas luka.

 

6 dari 6 halaman

5. Kurang bertenaga

Tubuh kita juga membutuhkan lemak untuk menghasilkan sejumlah energi seperti halnya karbohidrat. Memiliki pola makan yang buruk, yang rendah karbohidrat, membuat tubuh Anda membakar lemak. Ketika Anda menambahkan lemak sehat yang cukup untuk diet Anda, Anda akan tetap berenergi dan aktif sepanjang hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.