Sukses

5 Alasan untuk Berhenti Sejenak Menggunakan Ponsel Demi Kesehatanmu

Berikut ini sejumlah alasan untuk berhenti sejenak dari menggunakan ponsel

Liputan6.com, Jakarta Tidak dapat disangkal bahwa smartphone telah membuat hidup kita nyaman. Kita bisa berhubungan dengan seseorang yang duduk di sudut lain dunia hanya dengan satu sentuhan tombol dan mendapatkan informasi apapun dari internet dalam hitungan detik.

Kenyataan lain adalah bahwa ponsel juga menempatkan kita pada risiko mengembangkan beberapa penyakit kesehatan yang serius. Menggulir ponsel untuk waktu yang lama dapat menyebabkan sakit leher dan mata kering.

Kerusakan tidak hanya terbatas pada kesehatan fisik Anda. Mengonsumsi terlalu banyak informasi online dapat meningkatkan tingkat stres dan rasa tidak aman.

Berikut adalah lima alasan untuk berhenti sejenak menggunakan ponsel seperti dihimpun dari berbagai sumber.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Merusak mata secara perlahan

Mata manusia cukup halus dan layar biru ponsel dapat dengan mudah merusaknya jika tidak membatasi penggunaannya. Layar ponsel dapat menyebabkan kerusakan fotoreseptor, sakit kepala, penglihatan kabur dan bahkan mata kering.

Jika Anda mengalami salah satu gejalanya, kemungkinan besar ponsel Anda yang bertanggung jawab atas gejala tersebut. Istirahatkan mata Anda, fokus pada sesuatu yang berjarak 20 meter dari Anda dan periksa mata secara teratur untuk meminimalkan kerusakan.

 

3 dari 6 halaman

2. Dapat menyebabkan carpal tunnel dan selfie wrist

Jika Anda menggunakan ponsel Anda selama 5-6 jam sehari, Anda mungkin menderita kondisi ini di masa mendatang. Studi menunjukkan carpal tunnel dan selfie wrist adalah masalah yang berkembang di kalangan remaja.

Sindrom ini dapat menyebabkan masalah seperti nyeri pergelangan tangan, mati rasa, sensasi kesemutan dan kesemutan. Jika Anda mengalami salah satu gejala, temui dokter Anda dan kurangi waktu penggunaan ponsel. Selain itu, sakit punggung dan sakit leher adalah dua masalah yang juga terkait dengan penggunaan ponsel yang berlebihan.

4 dari 6 halaman

3. Dapat menyebabkan kulit berjerawat

Ada beberapa penelitian yang yang menunjukkan bahwa ponsel adalah rumah bagi beragam jenis kuman dan bakteri. Patogen ini dapat ditransfer ke kulit Anda dan menyebabkan kulit dan masalah kesehatan lainnya.

Ketika Anda memegang telepon dekat dengan telinga atau pipi Anda, kuman dipindahkan ke kulit Anda dan dapat menyebabkan noda kulit dan jerawat. Bahkan penuaan dini adalah tanda penggunaan ponsel yang berlebihan. Untuk mengurangi risiko, bersihkan ponsel Anda secara teratur dengan tisu alkohol.

5 dari 6 halaman

4. Dapat mengganggu pola tidur

Agar tubuh Anda berfungsi normal dan sehat, Anda perlu tidur 7-8 jam secara teratur. Namun karena penggunaan ponsel yang berlebihan hingga larut malam, banyak orang menghadapi masalah sulit tidur.

Entah mereka tertidur sambil melihat layar ponsel mereka atau mereka terus berguling-guling melewati waktu tidur mereka sambil bermain ponsel. Pola tidur yang tidak teratur membuat Anda rewel, murung bahkan berujung pada makan berlebihan.

 

6 dari 6 halaman

5. Itu bisa membuat Anda merasa stres

Ada dua cara ponsel membuat Anda merasa lebih stres. Pertama karena sulit tidur dan kedua karena konsumsi informasi dari internet secara berlebihan.

Bermain media sosial atau sekadar berselancar di internet, keduanya dapat membuat Anda merasa kewalahan dari waktu ke waktu dan meningkatkan tingkat kortisol. Kecanduan ponsel juga dapat menyebabkan kecemasan, depresi, dan impulsif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.