Sukses

Berbahaya Bagi Tubuh, 4 Makanan Tinggi Kolesterol Ini Wajib Dihindari

Makanan cepat saji menjadi salah satu makanan yang memiliki kolesterol tinggi.

Liputan6.com, Jakarta- Makanan berkolesterol tinggi tentu perlu kita hindari. Tak heran banyak orang yang takut makanan ini akan meningkatkan resiko penyakit jantung. Sayangnya hal ini seringkali membuat banyak orang salah paham. Tak sedikit orang yang menghindari makanan sehat tetapi kaya akan kolesterol, salah satunya telur. 

Dilansir dari healthline, penelitian terbaru menunjukkan bahwa kebanyakan orang mengkonsumsi makanan sehat yang tinggi kolesterol tidak akan membahayakan kesehatan Anda. Beberapa makanan tinggi kolesterol yang sangat bergizi antara lain, telur, keju, kerang, Daging organ, Sarden, Yogurt penuh lemak. 

Namun ada juga beberapa makanan yang mengandung kolesterol tinggi yang harus Anda hindari. Berikut 6 makanan tinggi kolesterol dilansir dari healthline.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Gorengan

Makanan yang mengandung banyak minya tentunya mengandung kolesterol yang tinggi dan harus dihindari. Hal ini disebabkan karena mereka sarat dengan kalori dan mengandung lemak yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung dan merugikan kesehatan Anda dalam banyak hal lainnya. Banyak mengkonsumsi gorengan telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, obesitas, dan diabetes 

3 dari 5 halaman

2. Makanan Cepat Saji

Konsumsi makanan cepat saji merupakan faktor risiko utama untuk berbagai penyakit kronis termasuk penyakit jantung, diabetes, dan obesitas. Bagi mereka yang senang mengonsumsi makanan cepat saji cenderung memiliki kolesterol lebih tinggi, lebih banyak lemak pada perut, dan tingkat peradangan yang lebih tinggi.

4 dari 5 halaman

3. Daging Olahan

Daging olahan seperti sosis, bacon, dan hotdog biasanya dibuat dari potongan daging sapi atau babi yang berlemak. Makanan tersebut merupakan makanan berkolesterol tinggi sehingga harus dibatasi. 

Konsumsi daging olahan yang tinggi dapat menyebabkan peningkatan penyakit jantung dan kanker tertentu seperti kanker usus besar. Dilansir dari healthline, dikatakan bahwa setiap tambahan 50 gram porsi daging olahan per hari dikaitkan dengan risiko 42% lebih tinggi terkena penyakit jantung. 

5 dari 5 halaman

4. Hidangan Penutup

Berbagai macam kue kering, es krim atau permen adalah makanan yang tidak sehat yang cenderung tinggi kolesterol serta tambahan gula, lemak tidak sehat, dan kalori. Terlalu sering mengkonsumsi makanan ini dapat berdampak negatif terhadap kesehatan dan dapat menyebabkan penambahan berat badan. Makanan ini juga dapat menyebabkan obesitas, diabetes, penyakit jantung, penurunan kognitif dan kanker.

Penulis:

Stephanie 

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.