Sukses

Resep Ayam Asam Manis Rendah Kalori, Cocok Jadi Menu Diet

Resep ayam asam manis ini memiliki rasa yang tak berbeda dengan versi restoran. Namun cocok dijadikan menu diet.

Liputan6.com, Jakarta - Resep ayam asam manis ini memiliki rasa yang tak berbeda dengan versi restoran. Namun kalori yang terkandung dalam resep ini lebih sedikit, cocok untuk Anda yang tengah melakukan diet.

Jika Anda menikmati sajian diet dalam resep ini tanpa nasi, kalori per porsinya hanya sekitar 288 kkal. Sementara protein yang terkandung di dalamnya sekitar 20 gram, 38 gram karbohidrat, 7 gram lemak, 3 gram serat, dan 0,1 gram garam.

Cobalah untuk memasak ayam asam manis versi lebih sehat ini. Selain bahan-bahannya tak sulit untuk didapat, cara pembuatannya pun cukup mudah.

Pembuatan ayam asam manis ini membutuhkan waktu 40 menit. Menu dalam resep ini dapat disajikan untuk 4 porsi. Berikut resep asam manis versi diet ala BBC yang dikutip Rabu (25/8/2021):

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bahan-bahan:

1. 1 425g nanas yang dipotong-potong, sisihkan beberapa nanas untuk dibuat jus hingga 150 ml

2. 2 sdm tepung maizena

3. 2 sdm kecap asin hitam

4. 2 sdm cuka

5. 2 sdm gula merah

6. 2 sdm saus tomat

7. Setengah sendok teh bubuk cabai

8. 2 dada ayam tanpa tulang, tanpa kulit

9. 2 sdm minyak bunga matahari

10. 1 bawang bombay ukuran sedang, potong menjadi 12 bagian

11. 2 paprika, merah, hijau, oranye atau kuning, buang bijinya dan potong-potong sekitar 3cm

12. 2 siung bawang putih, kupas dan haluskan

13. 25g potongan jahe segar, kupas, dan parut halus

14. lada hitam

15. 225 gram chestnut

3 dari 3 halaman

Cara Memasak

1. Untuk membuat saus, masukkan tepung jagung ke dalam mangkuk besar. Tambahkan tiga sendok makan jus nanas untuk membuat pasta yang halus. Tambahkan sisa jus nanas dan 150 ml air. Lalu masukkan kecap, cuka, gula, saus tomat, dan bubuk cabai. Campur rata dan sisihkan.

2. Potong masing-masing dada ayam menjadi delapan atau sembilan bagian. Panaskan satu sendok makan minyak dalam wajan, tumis bawang bombay dan paprika selama dua menit dengan api besar.

3. Tambahkan sisa minyak dan ayam ke dalam wajan dan tumis selama dua menit sampai berubah warna di semua sisi. Tambahkan bawang putih, jahe, potongan nanas, dan chestnut yang dipotong dua secara horizontal. Tumis selama 30-60 detik.

4. Aduk campuran saus tepung jagung dan nanas dan tambahkan ke dalam wajan berisi ayam dan sayuran. Aduk rata, tambahkan lada hitam. Masak selama 4–6 menit hingga saus mengental, ayam empuk dan matang seluruhnya. Balik ayam dan sayuran beberapa kali. Sajikan dengan nasi dalam porsi kecil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.