Sukses

5 Makanan yang Dapat Dikonsumsi untuk Mengurangi Asupan Gula

Mengonsumsi gula berlebihan tidak baik untuk kesehatan Anda, berikut alternatif makanan rendah gula yang dapat Anda konsumsi.

Liputan6.com, Jakarta- Mengonsumsi gula memang dapat meningkat mood kita. Namun gula juga dapat menjadi ancaman bagi kesehatan Anda. Mengurangi asupan gula adalah keputusan yang baik untuk mencapai gaya hidup yang lebih sehat. Kemudian mengurangi gula juga dapat membantu melindungi perkembangan penyakit kronis dan meningkatkan kesehatan Anda. 

Dilansir dari healthline.com, gula dapat mengurangi tingkat energi Anda yang menyebabkan kelelahan dan mengurangi kewaspadaan di siang hari, dan dapat menjadi faktor depresi. Kemudian asupan gula yang tinggi dapat menyebabkan obesitas diabetes, serta kesehatan gigi yang buruk. 

Banyak makanan yang mengandung gula alami seperti buah-buahan, sayuran, dan produk susu. Melansir dari goodto.com, Adrienne Benjamin, seorang ahli gizi, mengatakan bahwa hal tersebut dapat menjadi salah satu menu diet sehat Anda dengan tujuan tidak menambahkan gula yang membantu mendukung kesehatan dan mengurangi keinginan mengidam. 

Beberapa orang yang menderita ketidakseimbangan gula dapat membuat mereka merasa gelisah. Namun hal tersebut dapat Anda hindari dengan mengonsumsi protein yang cukup. Anda dapat mengurangi gula ketika sedang minum teh atau kopi, memilih produk makanan rendah gula, serta mengganti makanan manis dengan asupan yang sehat seperti buah segar. 

Bagi Anda yang sedang mengurangi asupan gula, berikut alternatif lain yang dapat Anda konsumsi sebagai pengganti gula dilansir dari goodto.com.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Buah Apel

Kandungan serat pada buah apel yang tinggi dapat mengenyangkan. Mengonsumsi makanan yang mengandung serat yang tinggi dapat membantu mengendalikan kadar gula darah Anda. Ketika hal tersebut terlalu rendah, tubuh Anda akan menginginkan gula untuk meningkatkan energi Anda.

3 dari 6 halaman

2. Beri

Buah beri membantu Anda menghentikan keinginan mengidam Anda pada gula. Buah ini manis dan memiliki kandungan serat yang tinggi. Buah ini kaya akan senyawa dan memiliki sifat antioksidan serta inflamasi yang kuat. 

Sebuah penelitian dari American Journal of Clinical Nutrition juga menemukan bahwa mengkonsumsi secangkir bluberi dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 15%. Anda dapat menggabungkannya dengan segenggam kacang atau satu sendok mentega almond untuk mencegah gula darah yang melonjak. 

4 dari 6 halaman

3. Rempah

Mengonsumsi rempah-rempah seperti kayu manis dan pala dapat dijadikan sebagai pengganti gula. Mereka memiliki rasa manis dan cocok ditaburkan di atas yoghurt atau ditambahkan ke smoothie atau kopi Anda. 

Penelitian juga menunjukkan bahwa kayu manis dapat membantu memerangi beberapa efek diabetes. Seseorang yang mengonsumsi satu gram kayu manis selama 12 minggu dapat menunjukkan penurunan kadar gula darah. Penelitian ini percaya bahwa hal tersebut dikarenakan kemampuannya dalam meningkatkan sensitivitas insulin yang dibutuhkan tubuh sehingga mampu secara efektif mengurangi gula darah.

5 dari 6 halaman

4. Produk Rendah Gula

Produk dengan kandungan gula yang tinggi umumnya mengandung gula 22,5 gram atau lebih dari 100 gram. Sedangkan produk dengan rendah gula akan memiliki total gula 5 gram atau kurang dari 100 gram.

Dilansir dari goodto.com, Rob Hobson selaku kepala nutrisi Healthspan menyarankan untuk sesekali minum minuman coklat panas rendah kalori. Ini dapat menjadi pemanis yang dapat membantu memberi Anda rasa yang Anda inginkan tanpa tambahan gula. 

Bila Anda menyukai es krim, hindari es krim yang mengandung gula sebanyak 15,2 gram. Konsumsi es krim dengan kandungan rendah gula atau bahkan bebas gula. 

6 dari 6 halaman

5. Plum dan Kurma

Plum dan kurma memiliki rasa yang manis dan nutrisi yang tinggi, termasuk karbohidrat dan serat alami. Hal ini membuatnya menjadi makanan sehat yang cepat. Kandungan seratnya yang tinggi juga dapat membantu meringankan sembelit.

Menurut sebuah penelitian dari Tufts University, plum termasuk sebagai makanan nomor satu dalam hal kandungan antioksidannya yang tinggi. Plum mengandung magnesium dan zat besi yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah.  

Penulis:

Stephanie 

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.