Sukses

Studi: Mandi Air Panas Mampu Membakar Kalori Setara dengan Nge-gym

Sebuah studi mengatakan bahwa mandi air panas dapat membakar kalori setara dengan olahraga ke gym.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki tubuh bugar dan sehat tentu menjadi impian bagi setiap inidvidu. Salah satu cara untuk mendapatkannya yakni dengan berolahraga secara rutin. Sayangnya, tak jarang kita kesulitan untuk pergi ke tempat gym, entah karena pandemi Covid-19 seperti saat ini atau karena terlalu sibuk. 

Jika Anda merasa kesulitan untuk pergi ke tempat gym, Anda bisa mandi air panas di rumah sebagai solusi sementara.

Menurut Dr. Steve Faulkner, peneliti dari Loughborough University, mandi air panas memiliki manfaat yang sangat mirip dengan berolahraga, bahkan membantu mencegah diabetes tipe 2. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mandi air panas dapat membakar kalori

Mandi air panas memang dipercaya mampu membuat tubuh rileks. Namun, para peneliti juga menemukan bahwa mandi air panas merupakan “pemanasan pasif” yang dapat meningkatkan kesehatan dan mampu membakar kalori. 

Sebuah penelitian dilakukan terhadap 14 orang untuk mandi pada suhu 40 derajat Celcius selama satu jam. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui berapa banyak kalori yang terbakar dan apakah dapat bekerja untuk mengontrol gula darah. 

Hasilnya, mereka menemukan bahwa mandi air panas setara dengan ketika seseorang berjalan kaki selama 30 menit. Sementara respons gula darah 10 persen lebih rendah saat mandi air panas daripada ketika mereka berolahraga. 

3 dari 3 halaman

Hanya sebagai solusi tambahan

Selain itu, mandi air panas juga bisa memberikan sifat anti-inflamasi penting yang dapat membantu tubuh melawan penyakit dan bisa mengurangi peradangan. Mandi air panas atau air hangat pada dasarnya setara dengan berlari di treadmill selama 10 menit. 

Jika Anda tak memiliki waktu untuk pergi ke gym atau berolahraga ke luar rumah, mandi air panas bisa menjadi salah satu cara untuk membuat tubuh lebih sehat. Namun, perlu diingat bahwa ini merupakan solusi tambahan ketika Anda tak bisa berolahraga secara maksimal dan bukan sebagai pengganti.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.