Sukses

Kuliah Sambil Kerja, Ini Tips Manajemen Waktu ala Prilly Latuconsina

Dengan serangkaian jadwal pekerjaan dan kuliah yang padat, Prilly Latuconsina pun berbagi bagaimana tips manajemen waktu ala dirinya.

Liputan6.com, Jakarta - Kuliah sambil bekerja seringkali banyak dipilih di kalangan mahasiswa di era modern. Bagi mereka, kegiatan belajar perlu diiringi dengan kegiatan pengembangan diri di luar kuliah. Atas dasar ini, banyak mahasiswa mengambil internship program, berbisnis ataupun kerja secara full-time. 

Bagi para mahasiswa yang memilih keputusan ini, tentunya akan menemukan tantangan tersendiri dalam cara mengatur waktu secara efektif. Karena apabila gagal dalam mengatur waktu, belajar bisa menjadi tidak fokus dan pekerjaan pun tidak bisa diselesaikan secara tepat waktu.

Pengalaman ini nyatanya juga dirasakan oleh Prilly Latuconsina yang baru-baru ini didapuk sebagai Brand Ambassador Ruangguru. Di tengah kesibukan syutingnya yang luar biasa padat, Prilly kini juga sedang mempersiapkan diri dalam menghadapi sidang skripsi.

Wanita kelahiran 1996 ini mengaku sangat menjunjung tinggi pendidikan sejak kecil. Jadi baginya, meskipun karirnya begitu cemerlang di industri hiburan, pendidikan tetap menjadi hal yang paling utama baginya. 

Dengan serangkaian jadwal pekerjaan dan kuliah yang padat, Prilly Latuconsina pun berbagi bagaimana tips manajemen waktu ala dirinya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Membuat planning yang terperinci

Melakukan kewajiban kuliah dan kerja secara bersamaan tentunya akan mengorbankan waktu luang kita. Karena keterbatasan waktu, kita perlu membuat planning harian dengan cara mencatat apa yang akan kita kerjakan besok sehingga membuat mental kita lebih siap.

Luangkan waktu beberapa menit untuk menyusun dan memprioritaskan kegiatan sehingga dapat efisiensi waktu di esok hari.

2. Konsistensi dan disiplin adalah kunci

Hal lain yang cukup menantang adalah bagaimana kita bisa secara konsisten menjaga kegiatan harian sesuai dengan planning yang telah dibuat.

Berbagai distraksi dari lingkungan atau ajakan teman tentunya akan menjadi pilihan yang sulit ditolak. Namun, kedisiplinan dan konsistensi berperan penting. Kita harus berani untuk menolak ajakan atau memalingkan tujuan awal kita.

3. Jangan menunda pekerjaan atau tugas kuliah

Meskipun seringkali kita merasa lelah seusai bekerja ataupun kuliah, sebaiknya hal ini tidak boleh dijadikan alasan untuk menunda tugas atau pekerjaan.

Semakin sering kebiasaan menunda ini dilakukan dampaknya akan sangat buruk ke manajemen waktu yang Anda telah susun sebelumnya. Jika belum bisa menyelesaikan tugas kuliah, cobalah menuntaskannya di pagi hari. 

3 dari 3 halaman

4. Manfaatkan kuliah online

Di tengah pandemi Covid-19, sistem pembelajaran telah beradaptasi secara online. Dengan semua sistem belajar dari rumah, kita juga bisa memanfaatkan kondisi ini untuk kuliah di manapun selama memiliki akses internet sehingga dapat meminimalisir mobilitas kita. 

5. Gunakan waktu istirahat secara efisien

Waktu yang sangat padat bisa saja menimbulkan potensi stres dalam diri. Untuk itu, menggunakan waktu istirahat semaksimal mungkin, bisa memulihkan kebugaran dan fokus kita.

Dengan pikiran yang jernih dan badan yang sehat, Anda bisa tetap berkuliah tanpa mengganggu performa pekerjaan. Istirahatlah yang cukup dan selesaikan pekerjaan kantor dan kuliah tanpa perlu membawanya ke rumah. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.