Sukses

Kuasai Empat Bahasa Asing dengan Belajar Otodidak, Begini Tips Belajar Kilat Ala Fiki Naki

Begini tips belajar bahasa asing secara otodidak ala Fiki Naki

Liputan6.com, Jakarta Menguasai bahasa asing merupakan kemampuan dasar yang akan menguntungkan bila dimiliki oleh seseorang. Selain berperan sebagai alat komunikasi internasional, menguasai bahasa asing juga berkaitan erat dengan peluang kesempatan kerja dan berkarya secara lebih luas tanpa batas.  

Kemampuan berbahasa asing di Indonesia sayangnya masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan negara lain di dunia, maupun dengan negara-negara tetangga di Asia Pasifik seperti Singapura, Filipina, Malaysia dan Vietnam. Kondisi di tengah pandemi juga turut memberikan tantangan tambahan, terutama untuk belajar bahasa asing tatap muka. 

Namun nyatanya, belajar bahasa asing secara online juga bisa menjadi efektif. Fiki Naki yang merupakan seorang Youtuber asal Pekanbaru, Riau, adalah salah satu anak muda yang telah menginspirasi banyak orang untuk menjadi tempat dan sumber belajar bahasa asing yang dibawakan dalam konten Youtube secara menghibur. 

Fiki Naki yang baru saja terpilih menjadi Brand Ambassador Ruangguru hingga kini telah menguasai empat hingga lima bahasa asing seperti Bahasa Inggris, Rusia, Spanyol dan Romania. Siapa sangka, ternyata Fiki Naki tak pernah mengikuti kursus ataupun mengenyam pendidikan di luar negeri. Gimana ya caranya belajar bahasa asing secara cepat dan mandiri? Yuk, langsung simak tips dari Fiki Naki berikut!

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Pelajari kosa kata dan cara penulisannya

Tips pertama yang sering dilakukan oleh Fiki Naki adalah mempelajari serta menghafal kosa kata yang sering digunakan sehari-hari. Salah satu metode yang bisa diterapkan adalah metode mnemonik. Metode mnemonik ini berhubungan dengan cara seseorang dalam mengasosiasikan suatu informasi.

Misalnya, pelafalan kata bahasa Perancis, “Je suis anglais” yang artinya “saya adalah orang Inggris”. Kita dapat mengingat kalimat ini dalam bahasa Inggris “just squeeze on glass.” Kedua kalimat ini memiliki kesamaan pengucapan sehingga bisa membantu kita mengingat pengucapan dari bahasa Prancis tersebut. 

 

3 dari 5 halaman

2. Mencari referensi sebanyak-banyaknya

Selain menghafal, Fiki Naki juga selalu mencari referensi dari berbagai sumber seperti Youtube, podcast, hingga film dan lagu untuk menyempurnakan cara pelafalan kata serta melatih listening. Mulailah dengan kata-kata dan kalimat pendek yang sederhana.

Salah satu kelebihan belajar dari lirik lagu maupun film adalah, kita akan menemukan kata-kata yang dipakai sehari-hari. Kumpulkan kata bahasa asing tersebut dan terjemahkan melalui internet ataupun kamus bahasa asing.

 

4 dari 5 halaman

3. Gunakan pada percakapan sehari-hari 

Setelah berhasil menghafal bahasa asing, tips selanjutnya adalah secara rutin melakukan latihan kemampuan listening dan speaking dengan diri sendiri ataupun dengan orang lain agar lebih mudah mengingat kosakata. Penerapan percakapan secara bebas juga nyatanya sangat membantu kecakapan berbicara kita. 

 

5 dari 5 halaman

4. Percaya diri

Tips terakhir dari Fiki Naki yang juga tidak kalah penting adalah tingkatkan percaya diri kita. Menurutnya Fiki Naki, kesalahan merupakan hal yang wajar, namun kita hanya perlu terus berlatih dengan konsisten agar semakin ahli berbahasa asing. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.