Sukses

Apa yang Terjadi Bila Anda Divaksinasi Padahal Terinfeksi Covid-19 Tanpa Gejala? Ini Jawabannya

Ini yang terjadi bila Anda divaksinasi padahal sebenarnya terinfeksi Covid-19 tanpa gejala

Liputan6.com, Jakarta Pedoman yang diberlakukan oleh Badan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) adalah bahwa orang yang saat ini positif COVID-19 (telah dites positif dan dikarantina) atau dicurigai memiliki gejala COVID, tidak boleh divaksinasi dan sebagai gantinya harus menyelesaikan masa karantina terlebih dahulu.

Namun, pada faktanya. Ada orang-orang yang mungkin tidak sadar dirinya positif. Hal ini dikarenakan, ada kalanya Covid-19 tidak menimbulkan gejala. Orang-orang seperti ini biasa disebut orang tanpa gejala (OTG).

Meski begitu, karena pasien positif COVID-19 akan lebih mungkin menularkan infeksi ke orang lain di tempat vaksinasi publik, diminta agar siapa pun yang pernah melakukan kontak dengan seseorang yang COVID+ atau bahkan mencurigai gejala sekecil apa pun, tetap di rumah fokus pada pemulihan dan menunda divaksinasi.

Untuk alasan yang sama, siapa pun yang menunjukkan tanda-tanda infeksi non-COVID, atau infeksi pernapasan juga diminta untuk menunda divaksinasi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Apa yang terjadi jika Anda menerima vaksin saat Anda COVID+?

Seperti dilaporkan dari TimesofIndia, ada kalanya seseorang yang datang untuk divaksinasi tidak menyadari bahwa ia sebenarnya positif Covid. Hal ini dikarenakan status positifnya hanya dapat diketahui jika ia menjalani tes klinis seperti Antigen atau PCR.

Meskipun benar-benar mengkhawatirkan untuk memikirkan vaksinasi ketika seseorang sudah terinfeksi COVID+, secara ilmiah, tidak ada bukti konklusif tentang bagaimana vaksin dapat bereaksi ketika sudah ada virus aktif di dalam tubuh. Ini mungkin, bagaimanapun, tergantung pada apakah seseorang menunjukkan gejala dan seberapa parah gejala itu sendiri.

 

3 dari 6 halaman

Penelitiannya

Menurut beberapa penelitian, mendapatkan vaksin COVID ketika seseorang sudah sakit dengan virus mungkin tidak benar-benar menimbulkan efek berbahaya dan mengganggu kerja vaksin. Meskipun hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut, para ahli percaya bahwa vaksin bekerja secara independen terhadap virus yang telah menyebabkan peradangan di dalam tubuh.

Namun, karena Covid diketahui menyebabkan penyebaran infeksi yang merajalela, kehadiran orang yang mungkin positif, dengan atau tanpa gejala, dapat menimbulkan ancaman bagi orang lain, termasuk petugas kesehatan yang bekerja.

Oleh karena itu, sementara kasus tanpa gejala mungkin tidak dapat muncul ke permukaan, siapa pun dengan gejala relatif atau kemungkinan riwayat kontak dengan seseorang yang dites positif harus tinggal di rumah dan menjadwal ulang vaksinasi agar tidak membahayakan kesehatan orang lain.

 

4 dari 6 halaman

Apakah itu akan menurunkan tingkat kemanjuran vaksin?

Sementara vaksin mungkin tidak terpengaruh oleh infeksi aktif di dalam tubuh, beberapa ahli juga mengatakan bahwa kasus dugaan COVID-19 kemungkinan akan menurunkan kemanjuran virus. Sederhananya, vaksin mungkin tidak mampu merangsang respons imun yang sehat yang seharusnya tidak diharapkan.

Kerja vaksin tergantung pada kemanjuran dan antibodi yang dipasangnya. Ketika seseorang mungkin sakit, itu menandakan peradangan aktif dalam tubuh, yang berarti bahwa sistem kekebalan sudah sibuk melawan hal yang sama dan mungkin tidak dapat meningkatkan respons yang sama yakni efektif ketika dosis vaksin disuntikkan ke dalam tubuh yang sehat. Kemanjuran vaksin dan respons imun juga dapat dikurangi dengan tingkat keparahan infeksi dan gejala infeksi yang dialami seseorang saat ini.

 

5 dari 6 halaman

Mungkinkah efek sampingnya lebih buruk?

Karena infeksi sudah mendorong sistem kekebalan Anda untuk beraksi (baik simtomatik atau asimtomatik), hal itu dapat berdampak langsung pada respons imun yang dihasilkan oleh vaksin.

Jika sudah ada beberapa tingkat peradangan yang ada di dalam tubuh, atau gejala yang mungkin sudah Anda tunjukkan, efek samping yang dihasilkan oleh vaksin dapat meningkatkan tingkat keparahan yang sama, atau bahkan membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh.

 

6 dari 6 halaman

Apakah akan ada manfaat?

Dengan semua alasan yang menunjukkan bahwa vaksinasi mungkin tidak meningkatkan respons imun yang kuat atau meningkatkan keparahan efek samping, penelitian pendahuluan memang menunjukkan bahwa kemungkinan adanya pemulihan yang lebih cepat atau kemungkinan pengurangan keparahan infeksi.

Meskipun penting untuk diingat bahwa hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut, pemberian vaksin mungkin dapat mendorong sistem kekebalan untuk mendorong antibodi beraksi (bahkan jika itu relatif lambat) dan mengurangi waktu pemulihan dan tingkat keparahan gejala Anda, ketika Anda positif. Ini juga terlihat di antara orang-orang yang telah divaksinasi dan terkena Covid lagi setelah ia sembuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini