Sukses

Kreatif, Warga Surabaya Ciptakan Robot Untuk Bantu Mereka yang Isoman

Robot ini terbuat dari barang-barang bekas untuk membantu warga yang sedang isolasi mandiri.

Liputan6.com, Jakarta - Warga Jalan Tembok Gede III, Bubutan, Surabaya berhasil membuat robot sebagai upaya untuk membantu warga setempat yang sedang isolasi mandiri (isoman) akibat terinfeksi COVID-19. 

Pandemi membuat banyak warga terinfeksi virus corona. Warga yang terinfeksi namun tanpa gejala atau gejala ringan, terpaksa harus melakukan isoman di rumah. Hal itu membuat mereka tidak bisa keluar rumah untuk membeli makan atau keperluan lainnya.

Dengan adanya robot yang dirakit secara swadaya dan autodidak oleh warga RT 3 RW 2. Maka, dapat mengurangi interaksi warga dengan pasien COVID-19 guna meminimalisir penularan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Diberi nama 'Delta'

Robot ini kemudian diberi nama 'Delta' yang terinspirasi dari varian virus corona. Delta adalah varian baru yang pertama kali muncul di India dan sangat menular. Varian Delta ini menjadi salah satu penyebab lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia pada gelombang kedua.

 

3 dari 7 halaman

Butuh waktu seminggu

Lama waktu perakitan robot Delta memakan waktu seminggu. Sebelum adanya robot Delta, warga Tembok Gede III pernah menciptakan dua unit robot.

"Tetapi, kedua robot itu belum dapat bergerak atau berjalan jauh, cuma bisa mengeluarkan suara untuk imbauan," kata Aseyan selaku ketua RT, seperti dikutip dari Antara.

Kreativitasnya itu membuat daerah tersebut dikenal sebagai Kampung Pintar.

 

4 dari 7 halaman

Pakai remote control

Untuk dapat berjalan dari rumah ke rumah, robot Delta dikendalikan dengan remote control. Benda itu dapat berjalan hingga radius 100 meter.

5 dari 7 halaman

Dibuat dari barang bekas

Menariknya, pembuatan robot ini memanfaatkan barang-barang rumah tangga yang sudah tidak terpakai. Meskipun begitu, biaya yang dikeluarkan sekitar belasan juta rupiah. 

Perakitan komponen elektronika atau motoriknya diketuai oleh Aseyan. Ia mengaku mempelajari tahapan pemasangannya secara autodidak.

6 dari 7 halaman

Memiliki banyak fungsi

Tak hanya berfungsi sebagai pengantar makanan dan kebutuhan lain bagi warga yang sedang isoman, robot Delta juga dapat digunakan untuk menghidangkan suguhan kepada tamu yang datang ke kampung tersebut. Lalu bisa dioperasikan untuk menyemprot disinfektan.

7 dari 7 halaman

Beroperasi setiap malam

Delta kemudian menjadi hiburan warga setempat serta dioperasikan setiap malam. Aseyan berharap tiga unit robot ini dapat menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.