Sukses

Cegah Penuaan pada Kulit, Kenali Perbedaan Retinol dan Bakuchiol

Apa perbedaan retinol dan bakuchol

Liputan6.com, Jakarta- Belakangan ini perawatan muka yang memiliki kandungan retinol dan bakuchiol sedang ramai dibahas. Retinol dan bakuchiol menjadi kandungan aktif dalam skincare yang cukup penting untuk mengatasi penuaan kulit dan masalah kulit berjerawat. Tidak sedikit juga berbagai brand skincare mengeluarkan produk yang mengandung retinol maupun bakuchiol. 

Dikutip dari Sunday Post, Jumat (30/07/2021), bakuchiol ditemukan dalam biji Babchi (Psoralea Corylifolia) yang merupakan tanaman obat yang berasal dari China dan India. Kandungan aktif ini menjadi kandungan skincare yang lebih ringan dalam mengatasi penuaan kulit, tanpa menyebabkan iritasi. 

Sedangkan dikutip dari Greatist, Kamis (21/07/2021), retinol adalah jenis Vitamin A yang dapat membantu untuk mencegah penuaan atau kerutan kulit, meningkatkan produksi kolagen, mengatur minyak dan meningkatkan pergantian sel. Kemungkinan efek samping yang dapat terjadi ketika menggunakan retinol adalah kemerahan pada kulit, kulit menjadi lebih kering dan sensitif, kulit mengelupas, dan timbulnya jerawat.

Ketika baru pertama kali mencoba menggunakan retinol, kulit kita perlu beberapa minggu agar terbiasa dengan retinol, dan cukup digunakan seminggu sekali saja. Namun berbeda dengan bakuchiol yang dapat digunakan setiap hari.

Apa saja yang membedakan retinol dan bakuchiol? Dikutip dari Mindbodygreen.com, yuk simak lebih dalam perbedaan retinol dan bakuchiol

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Retinol

1. Mampu mengatasi jerawat

Retinol menunjukkan mampu mengatasi permasalahan kulit berjerawat ringan, jerawat sedang, hingga jerawat berat. Sementara itu, skincare dengan kandungan bakuchiol mampu mengatasi jerawat yang memiliki sifat anti inflamasi dan antibakteri

2. Hiperpigmentasi, garis halus, dan kerutan atau penuaan kulit

Dalam mengatasi permasalahan kulit hiperpigmentasi, garis halus, dan kerutan atau penuaan kulit, retinol dapat menjadi solusi perawatan efektif. Gunakan retinol dengan konsentrasi 0,5 persen dan cukup digunakan pada malam hari saja. Sedangkan, penggunaan bakuchiol harus sebanyak dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal

3 dari 3 halaman

Bakuchiol

1. Kulit sensitif

Sebagian orang tidak dapat mentolerir retinol karena dapat menyebabkan kulit sensitif mudah iritasi. Sementara bakuchiol dapat digunakan bagi orang yang memiliki jenis kulit yang sensitif karena memiliki kandungan yang lebih aman. 

2. Ibu hamil atau menyusui

Bakuchiol lebih dianggap aman bagi Ibu hamil atau menyusui. Dermatologis tidak merekomendasi penggunakan retinol  untuk ibu hamil dan menyusui. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.