Sukses

Gigi Ompong Tingkatkan Risiko Anda Terkena Penyakit Jantung, Ini Sebabnya

Ternyata kehilangan gigi dapat meningkatkan risiko Anda terkena penyakit jantung. Ini sebabnya

Liputan6.com, Jakarta Tidak dapat disangkal bahwa penyakit jantung harus menjadi perhatian semua orang. Penyakit jantung koroner bahkan telah menjadi ancaman mematikan di Indonesia. Berdasarkan data Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada 2016, total kematian di Indonesia mencapai 1.863.000 jiwa.

Sebanyak 73 persen di antaranya disebabkan oleh penyakit tidak menular. Adapun penyakit tidak menular jantung koroner menjadi penyebab kematian nomor 1 sebanyak 35 persen. Menyusul setelahnya ada penyakit menular serta penyakit ibu dan anak (21%) dan penyakit tak menular lainnya (15%).

Mengetahui apakah Anda berisiko tinggi sakit jantung dapat amat membantu. Penelitian menunjukkan bahwa pemeriksaan mulut secara cepat dapat membantu Anda mengidentifikasi apakah risiko penyakit jantung Anda tinggi atau tidak.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jika gigi Anda ompong, risiko penyakit jantung lebih tinggi

Sebuah studi tahun 2019 yang dipresentasikan di American College of Cardiology Middle East Conference menganalisis risiko penyakit jantung pada orang dewasa yang kehilangan gigi karena alasan non-trauma. Para peneliti mengamati data pada lebih dari 316.500 orang dari AS antara usia 40 dan 79 tahun.

Para peneliti menemukan bahwa 13 persen dari semua pasien yang diteliti memiliki penyakit kardiovaskular, tetapi mereka yang melaporkan memiliki setidaknya satu gigi yang hilang memiliki risiko lebih tinggi.

Menurut sebuah pernyataan yang menyertai penelitian, penulis menemukan bahwa mereka yang melaporkan memiliki setidaknya satu gigi yang hilang, tetapi masih memiliki beberapa gigi, "lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit kardiovaskular, bahkan setelah disesuaikan dengan faktor-faktor lain seperti indeks massa tubuh, usia, ras, konsumsi alkohol, merokok, diabetes, dan kunjungan ke dokter gigi."

 

3 dari 5 halaman

Semakin banyak gigi yang hilang, semakin tinggi risikonya

Jika Anda kehilangan semua gigi karena alasan non-trauma, maka Anda memiliki risiko tertinggi terkena penyakit kardiovaskular. Para peneliti menemukan bahwa 8 persen dari peserta penelitian tidak bergigi, artinya mereka tidak memiliki gigi.

Persentase dari mereka yang tidak memiliki gigi dan memiliki penyakit kardiovaskular adalah 28 persen, sementara 7 persen dari peserta yang tidak memiliki gigi yang hilang mengembangkan penyakit kardiovaskular.

"Hasil kami mendukung bahwa ada hubungan antara kesehatan gigi dan kesehatan jantung," Hamad Mohammed Qabha, MBBS, penulis utama studi dan kepala magang medis dan bedah di Universitas Islam Imam Muhammad Ibn Saud, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

 

4 dari 5 halaman

Hubungan antara gigi yang hilang dan peradangan yang menyebabkan penyakit jantung

Menurut American Dental Association (ADA), kehilangan gigi dapat terjadi karena bentuk penyakit gusi lanjut yang disebut periodontitis. ADA mengatakan bahwa para peneliti menduga bahwa bakteri dan peradangan yang terkait dengan periodontitis dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

"Beberapa penelitian menghubungkan peradangan kronis dari periodontitis dengan perkembangan masalah kardiovaskular. Beberapa bukti menunjukkan bahwa bakteri mulut mungkin terkait dengan penyakit jantung, penyumbatan arteri, dan stroke," jelas ADA.

Peradangan dalam bentuk apa pun terus dikaitkan dengan penyakit jantung, tetapi peradangan di mulut Anda secara khusus berisiko, karena mulut Anda adalah salah satu dari sedikit bagian tubuh Anda yang terhubung ke dunia luar.

Setelah Anda memiliki penumpukan bakteri mulut, itu bisa masuk ke aliran darah Anda, di mana ia dapat melakukan perjalanan ke mana saja di seluruh tubuh Anda. Menurut Penn Medicine, para peneliti percaya bahwa begitu bakteri masuk ke jantung Anda, itu dapat memicu peradangan di pembuluh jantung dan juga dapat menginfeksi katup jantung.

 

5 dari 5 halaman

Cara terbaik untuk mencegah penyakit jantung adalah dengan mencegah penyakit gusi

ADA mengatakan bahwa "mengingat hubungan potensial antara periodontitis dan masalah kesehatan sistematis," salah satu cara terbaik untuk mengurangi risiko penyakit jantung adalah dengan mencegah penyakit gusi. Langkah pertama dalam hal kebersihan mulut Anda cukup menyikat gigi dua kali sehari dan membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi sekali sehari.

Namun, bahkan jika Anda melakukan kedua hal tersebut setiap hari, Anda harus tetap waspada terhadap masalah kesehatan mulut Anda, karena Anda mungkin tidak membersihkannya dengan cukup menyeluruh.

Menurut ADA, gejala lain dari penyakit gusi termasuk bau mulut yang terus-menerus; gusi yang berdarah saat menyikat gigi dan flossing; gusi merah, bengkak, lunak; nanah di antara gigi dan gusi Anda; gusi yang telah terlepas dari gigi Anda; gigi longgar atau terpisah; dan perubahan cara gigi Anda menyatu saat Anda menggigit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.