Sukses

Studi: Ini Jumlah Teman yang Paling Dibutuhkan Orang Dewasa

Ikatan pertemanan tentu dibutuhkan setiap individu, selain membuat bahagia juga bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki banyak teman menunjukkan bahwa Anda sosok yang mudah bergaul dan dikenal banyak individu. Dari sekian banyak teman yang Anda punya, berapa teman yang selalu benar-benar ada untuk Anda dikala sedih maupun senang? 

Ikatan pertemanan tentu dibutuhkan setiap individu, selain membuat bahagia juga bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Lalu berapa jumlah teman yang dibutuhkan individu dewasa untuk mendapatkan manfaat tersebut?

Sebuah studi mengenai jumlah sahabat yang didasarkan pada level pertemanan. Umumnya terdapat tiga atau empat level pertemanan.

Penelitian mengenai jumlah sahabat ini biasanya didasarkan pada level pertemanan. Umumnya terdapat tiga atau empat level pertemanan.

Suzanne Degges-White Pd.D., melakukan penelitian tentang jumlah teman yang dibutuhkan orang dewasa. Melansir dari Psychology Today, Senin (9/8/2021), Suzanne Degges-White juga mengklasifikasikan pertemanan menjadi empat level untuk meneliti jumlah sahabat yang dibutuhkan manusia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hasilnya

Dalam penelitiannya, Suzanne Degges-White membagi pertemanan berdasarkan kedalaman atau kedekatan hubungan mereka. Level pertemanan itu meliputi kenalan, teman biasa, teman dekat dan sahabat.

Suzanne Degges-White lalu mengumpulkan data individu dewasa berusia 30-70 tahun. Dari data itu ditemukan orang dewasa membutuhkan tiga hingga lima teman terdekat untuk merasakan jumlah yang cukup.

Selain itu, orang dewasa dengan empat atau lima teman dekat dapat menikmati kehidupan mereka, sedangkan memiliki tiga teman dekat tidak terlalu berlaku demikian.

Penelitian itu pun menunjukkan jika Anda memiliki seseorang yang menganggap Anda sahabatnya, tingkat kepuasan menikmati hidup akan lebih tinggi dibandingkan orang yang tidak.

 

3 dari 4 halaman

Penelitian Serupa

Selain penelitian yang dilakukan Suzanne Degges-White baru-baru ini, Robin Dunbar pun pernah melakukan penelitian serupa sebelumnya.

Robin Dunbar meneliti jumlah pertemanan yang bisa dimiliki individu dalam satu waktu dengan cara melihat kebiasan bertelepon mereka. Dunbar pun membagi pertemanan itu menjadi empat level atau lapisan.

Hasilnya, manusia umumnya memiliki lima sahabat/teman terdekat, 10 teman dekat, 35 teman di lapisan berikutnya dan 100 teman di lapisan terakhir.

 

4 dari 4 halaman

Tak hanya jumlahnya, tapi juga soal hubungannya

Penulis melansir Huff Post, beberapa tahun kemudian, penelitian serupa pun dilakukan di Eropa. Hasilnya tak jauh berbeda dengan penelitian Dunbar. Rata-rata teman yang dibutuhkan berdasarkan lapisan pertemanan yaitu 4.1, 11, 29.8 dan 128,9 orang.

Namun, para peneliti pun mengungkapkan kemungkinan perbedaan jumlah teman yang dibutuhkan. Setiap individu bisa memiliki jumlah sahabat yang berbeda. Umumnya, jumlah teman terdekat itu antara 1-15 orang, tapi rata-ratanya 4-5 sahabat.

Selain itu, untuk melihat dampak sahabat kepada seseorang pun bukan hanya dilihat berdasarkan jumlahnya, tapi juga soal hubungannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini