Sukses

9 Agustus Hari Masyarakat Adat Sedunia: Mereka Belum Sejahtera

9 Agustus Hari Masyarakat Adat Sedunia dan daftar hari penting di bulan Agustus 2021

Liputan6.com, Jakarta Tanggal 9 Agustus diperingati sebagai  Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia (HIMAS) atau International Day of the World’s Indigenous Peoples. Tujuan dari peringatan ini adalah untuk lebih menyadarkan dan  melindungi hak-hak populasi masyarakat adat dunia.

Isu ini pertama kali disampaikan oleh PBB pada Desember 1994.   

Tema Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia tahun ini adalah Leaving No One Behind: Masyarakat adat dan seruan untuk kontrak sosial baru

Menurut catatan PBB, sebanyak lebih dari  70 persen populasi dunia tinggal di negara-negara dengan selisih perbedaan pendapatan dan kekayaan yang meningkat, termasuk masyarakat adat yang sudah menghadapi tingkat kemiskinan dan kerugian sosial-ekonomi.

Ketimpangan pendapatan yang tinggi tersebut biasanya terkait dengan ketidakstabilan kelembagaan, korupsi, krisis keuangan, meningkatnya kejahatan dan kurangnya akses terhadap keadilan, pendidikan, dan layanan kesehatan.

Bagi masyarakat adat, kemiskinan dan ketidakadilan yang parah cenderung menimbulkan ketegangan dan konflik sosial yang terus menerus.

"Memberantas kemiskinan dalam segala bentuk dan dimensinya serta mengurangi ketimpangan adalah inti dari Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan," tulis PBB.

Dengan adanya peringatan ini, kita, seluruh masyarakat, pemerintah, aktivis sosial, masyarakat adat, perempuan, akademisi, ilmuwan makin berperan dalam membangun dan mendesain ulang kontrak sosial baru yang melayani kepentingan mereka.

Masyarakat adat adalah sekelompok orang yang hidup secara turun temurun di wilayah geografis tertentu, memiliki asal usul leluhur dan/atau kesamaan tempat tinggal, identitas budaya, hukum adat, hubungan yang kuat dengan tanah dan lingkungan hidup, serta sistem nilai yang menentukan pranata ekonomi, politik, sosial, budaya, dan hukum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Hari Penting Agustus 2021

01 Agustus : Hari ASI Sedunia (Internasional)

05 Agustus : Hari Dharma Wanita Nasional

08 Agustus : Hari Ulang Tahun ASEAN

08 Agustus : Hari kucing

09 Agustus : Hari Masyarakat Adat (Internasional)

10 Agustus Hari Konservasi Alam Nasional

10 Agustus : Hari Veteran Nasional

10 Agustus : Hari Kebangkitan Teknologi Nasional

12 Agustus : Hari Remaja (Internasional)

12 AgustusHari Gajah se-Dunia

14 Agustus : Hari Pramuka (Praja Muda Karana)

17 Agustus : Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia

18 Agustus : Hari Konstitusi Republik Indonesia

19 Agustus : Hari Departemen Luar Negeri Indonesia

19 Agustus Hari Kemanusiaan se-Dunia

19 Agustus Hari Orang Utan se-Dunia

21 Agustus : Hari Maritim Nasional

24 Agustus : Hari Televisi Republik Indonesia (TVRI)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini