Sukses

Studi: Individu dengan Pupil Mata Besar Diklaim Lebih Cerdas

Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkap bahwa individu dengan pupil besar diklaim lebih cerdas daripada individu yang memiliki pupil kecil.

Liputan6.com, Jakarta - Mata menjadi salah satu bagian tubuh yang bisa memberi Anda gambaran sekilas tentang keadaan emosi seseorang. Selain itu, mata juga nyatanya bisa menjadi jendela kecerdasan dan memberi tahu Anda tentang IQ seseorang.

Pupil mata berada pada bagian di tengah mata yang berbentuk bulat dan berwarna hitam yang berfungsi sebagai pengatur cahaya. Pupil bekerja sama dengan iris untuk mengatur jumlah cahaya yang melewati mata untuk melindungi retina.

Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkap bahwa individu dengan pupil besar diklaim lebih cerdas daripada individu yang memiliki pupil kecil. 

Melansir dari Bright Side, Jumat (6/8/2021), penelitian ini dilakukan di Institut Teknologi Georgia pada lebih dari 500 individu, mulai usia 18 – 35 tahun di kota Atlanta, Amerika Serikat

Studi ini berkisar pada tiga komponen utama kemampuan kognitif, yakni tes penalaran, perhatian dan memorisehingga bisa diselidiki hubungan antara ukuran pupil mata dan kecerdasan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hasil Penelitian

Untuk mempelajari komponen pertama, para ilmuwan merilis beberapa tes khusus pada peserta dan memperhatikan bahwa individu yang menunjukkan kecerdasan penalaran memiliki ukuran pupil yang lebih besar dibandingkan dengan mereka yang gagal.

Para ilmuwan juga menyelidiki tes perhatian, yang berarti kemampuan untuk fokus pada sesuatu yang terlepas dari gangguan sekitar.

Dalam salah satu tes yang berkaitan dengan perhatian, peserta harus mengidentifikasi huruf dengan cepat sebelum menghilang sambil berusaha untuk tidak melihat tanda bintang yang berkedip-kedip yang lewat di layar. Pada akhir tes ini, individu dengan pupil yang lebih besar memiliki hasil yang lebih baik.

 

3 dari 3 halaman

Penelitian Lain

Terakhir, peserta mengikuti tes untuk mengukur kemampuan mereka mengingat informasi setelah jangka waktu tertentu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran pupil yang lebih besar berkorelasi dengan kecerdasan dan kontrol perhatian.

Menurut penelitian lain, pupil terhubung dengan aktifitas di locus coeruleus, sebuah titik di otak kita yang memulai fungsi kognitif yang lebih tinggi. Jadi, semakin fungsional tempat itu, makin banyak pelebaran yang mungkin terjadi pada pupil.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini