Sukses

7 Hal yang Tidak Akan Dikatakan Bos yang Baik pada Karyawannya

Liputan6.com, Jakarta Sebuah perusahaan bekerja secara efisien hanya ketika karyawannya puas dengan apa yang mereka lakukan. Menjadi bos, Anda perlu menghargai karyawan Anda atas apa yang mereka lakukan dengan benar dan menjadi pemimpin hebat yang juga membimbing mereka melalui masa-masa sulit mereka.

Juga, Anda benar-benar tidak ingin berakhir dengan mengatakan pernyataan seperti itu yang dapat merusak kemampuan karyawan Anda di tempat kerja. Berikut adalah 7 hal yang tidak pernah dikatakan bos hebat kepada karyawannya seperti dilansir dari TimesofIndia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. "Kamu beruntung punya pekerjaan"

Jika karyawan Anda mengatakan tidak pada suatu tugas yang seharusnya ia kerjakan, carilah jawaban atas pertanyaan tersebut daripada membuat pernyataan seperti itu. Miliki ikatan empati dengan karyawan Anda yang membuat Anda bertanya mengapa mereka tidak mau mengambil pekerjaan tersebut.

Jika Anda tampaknya tidak bekerja dengan baik dengan karyawan Anda, temukan cara untuk berpisah tetapi jangan pernah membuat pernyataan yang mungkin menyakitkan.

 

3 dari 8 halaman

2. "Saya bos dan Anda harus melakukan apa yang saya katakan"

Setiap orang harus saling menghormati di tempat kerja bahkan jika itu bos. Mengatakan pernyataan seperti ini akan tidak sopan dan merendahkan karyawan Anda.

Alih-alih merendahkan mereka dengan pernyataan ini, buat mereka mengerti mengapa tugas itu perlu dilakukan untuk kepentingan perusahaan dan karyawan.

 

4 dari 8 halaman

3. "Saya kecewa"

Ini adalah ungkapan umum yang dikatakan orang tua kepada anak-anak mereka. Ini mungkin membuat karyawan Anda merasa seperti anak kecil.

Alih-alih ini, Anda dapat memberikan umpan balik yang membangun kepada karyawan Anda. Dengan cara ini mereka akan memiliki jejak hal-hal yang tidak ingin mereka ulangi lagi.

 

5 dari 8 halaman

4. "Saya bos Anda dan saya selalu benar"

Tak seorang pun ingin merasa seperti mereka bukan bagian dari organnisasi tempat ia bekerja. Tidak ada yang suka bekerja di organisasi di mana pendapat dan saran mereka tidak penting.

Semua orang menyukai ketika bos menghargai saran dan ingin menindaklanjutinya.

 

6 dari 8 halaman

5. "Saya telah bekerja keras untuk ini"

Mengambil kredit untuk pekerjaan orang lain tidak benar. Karyawan Anda perlu diakui atas kerja keras mereka.

Oleh karena itu, saat rapat jangan ngaku-ngaku melakukan pekerjaan yang belum selesai. Sebaliknya, bersikaplah terbuka untuk memberikan penghargaan kepada yang layak.

 

7 dari 8 halaman

6. "Kamu tidak bisa pergi berlibur lagi"

Kesehatan mental merupakan hal yang penting untuk dijaga. Jangan membuat karyawan Anda merasa bersalah tentang waktu yang mereka ambil untuk kesejahteraan mereka sendiri.

Sebaliknya, Anda harus mendukung mereka untuk memiliki keseimbangan kehidupan kerja yang tepat.

 

8 dari 8 halaman

7. "Kerja bagus hari ini"

Alih-alih membuat komentar yang tidak jelas seperti ini, Anda sebenarnya dapat menghargai mereka karena melakukan apa yang mereka lakukan dengan benar.

Jadilah spesifik tentang apa yang mereka dipuji. Hal ini membuat karyawan Anda merasa bahwa Anda memperhatikan pekerjaan yang telah mereka lakukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.