Sukses

29 Juli Hari Harimau Sedunia dan Cara Berpartisipasi Melestarikannya

29 Juli Hari Harimau Sedunia dan daftar hari penting lainnya

Liputan6.com, Jakarta Hanya manusia, makhuk penghuni bumi yang melakukan perusakan terhadap “rumah”nya sendiri.

Banyak kerusakan di bumi yang ditimbulkan oleh manusia. Salah satunya adalah penebangan hutan yang mengakibatkan menurunnya jumlah habitat, tempat suatu makhluk hidup tinggal dan berkembang biak.

Penebangan atau perusakan hutan ini selain memicu bencana alam juga memunculkan konflik antara binatang dan manusia yang menimbulkan korban pada kedua belah pihak.

Salah satu populasi yang terancam punah adalah harimau. Selain karena habitatnya berkurang, si belang ini juga menjadi salah satu hewan yang diburu. Ada keyakinan di sebagian warga bahwa bagian-bagian dari harimau bermanfaat untuk mengobati penyakit, menjaga kesehatan. Mulai dari kulit, kuku, kumis, taring dan dagingnya.

Barang-barang itu diperjual-belikan dengan harga mahal.

Di Indonesia, Provinsi Riau merupakan tempat tinggal sepertiga dari jumlah populasi Harimau Sumatera. Binatang ini telah dilindungi secara hukum, namun populasinya terus menurun hingga 70% dalam waktu 25 tahun terakhir. Pada tahun 2007, diperkirakan hanya tersisa 192 ekor Harimau Sumatera di alam liar Propinsi Riau.

29 Juli diperingati sebagai hari Harimau Sedunia atau International Tiger Day/Global Tiger Day (GTD) dengan tujuan untuk meningkatkan kepedulian dan kesadaran kita semua terhadap usaha pelestarian harimau.

Caranya?

Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga kelestarian habitat dan mangsa harimau, memitigasi konflik, dan tidak melakukan jual beli satwa liar maupun bagian-bagian binatang yang dilindungi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hari Penting Juli 2021

01 Juli Hari Buah Internasional

01 Juli : Hari Bhayangkara

3 Juli Hari Bebas Kantong Plastik se-Dunia

05 Juli : Hari Bank Indonesia

7 Juli: Hari Pustakawan

11 Juli Hari Populasi se-Dunia

12 Juli : Hari Koperasi Indonesia

17 Juli : Hari Keadilan (Internasional)

22 Juli : Hari Kejaksaan

23 Juli : Hari Anak Nasional

23 Juli: Hari Tanpa Televisi

23 Juli: Hari Waspada Cacing

27 Juli Hari Sungai Nasional

28 Juli: Hari Hepatitis Sedunia

29 Juli : Hari Bhakti TNI Angkatan Udara

29 Juli Hari Harimau se-Dunia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.