Intip Pesona 4 Atlet Muda Dunia yang Bersinar di Olimpiade Tokyo

Oleh Nadya Isnaeni pada 27 Jul 2021, 19:10 WIB
Diperbarui 27 Jul 2021, 19:10 WIB
FOTO: Mengenal Lebih Dekat Miraitowa, Maskot Olimpiade Tokyo 2020
Perbesar
Ajang Olimpiade Tokyo tinggal menghitung hari. Setelah ditunda selama setahun akibat pandemi Covid-19, pesta olahraga terbesar di dunia itu akan diselenggarakan pada 23 Juli 2021. (Foto:AFP/Kim Kung-Hoon,Pool)

Liputan6.com, Jakarta - Olimpiade ke-32 yang berlangsung di Tokyo, Jepang resmi dibuka pada 23 Juli 2021 lalu. Atlet-atlet dari 200 negara akan berkompetisi memperebutkan medali olimpiade hingga 8 Agustus 2021.

Menjelang 1 pekan pelaksanaan olimpiade, sederet atlet sudah mulai menunjukkan 'taringnya'. Tak terkecuali atlet dari Tanah Air untuk cabang olahraga angkat berat, Windy Cantika Aisah.

Gadis muda ini baru saja meraih medali pertama untuk kontingen Indonesia. Olimpiade Tokyo bertabur atlet-atlet muda belia yang tak kalah hebat dari para seniornya.

Selain Windy, ada atlet muda dari negara lain yang tak kalah berprestasi dan turut menyumbangkan medali untuk kontingennya. Yang termuda bahkan tercatat berusia 13 tahun.

Berikut 4 atlet muda berprestasi di Olimpiade Tokyo:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

1. Atlet Tunisia, Ahmed Hafnaoui, 18 tahun

Olimpiade Tokyo 2020
Perbesar
Ahmed Hafnaoui, of Tunisia, reacts after winning the final of the men's 400-meter freestyleat the 2020 Summer Olympics, Sunday, July 25, 2021, in Tokyo, Japan. (AP Photo/Martin Meissner)

Ahmed adalah atlet asal Tunisia untuk cabang olahraga renang. Usianya baru menginjak 18 tahun ketika dia memenangkan medali emas 400 meter gaya bebas putra beberapa waktu lalu.

Ahmed berhasil mengalahkan 2 pesaingnya, yakni perenang Australia Jack McLoughlin dan atlet AS Kieran Smith. Remaja Tunisia itu sempat tak percaya jika medali emas berhasil diraihnya.

"Saya tidak percaya itu, ini luar biasa. Saya merasa lebih baik di air pagi ini daripada kemarin dan hanya itu. Saya juara Olimpiade sekarang," katanya.

"Saya hanya memasukkan kepala saya ke dalam air dan hanya itu. Saya tidak bisa mempercayainya. Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan," ujar Ahmed Hafnaoui.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Atlet Jepang, Momiji Nishiya, 13 Tahun

Foto: Sejarah Baru, Gadis 13 Tahun Sabet Emas Cabang Olahraga Skateboard yang Baru Memulai Debutnya di Olimpiade Tokyo 2020
Perbesar
Atlet tuan rumah Jepang, Nishiya Momiji menjadi peraih medali emas pada cabang olahraga skateboard kategori jalanan putri pada Olimpiade Tokyo 2020. Cabang olahraga skateboard sendiri baru menjalani debutnya di Olimpiade edisi kali ini. (Foto: AP/Ben Curtis)

Nishiya baru akan menginjak 14 tahun pada 30 Agustus 2021 namun dia sudah berhasil menyabet medali emas. Nishiya menyumbangkan medali untuk kontingennya dari cabang skateboard.

Atlet Jepang ini berhasil mengalahkan atlet Brasil berusia 13 tahun bernama Rayssa Leal dan atlet Jepang lain, Funa Nakayama. Dia sukses menyabet medali emas pada Senin, 26 Juli 2021. Pencapaian itu membuat Nishiya menjadi atlet peraih medali emas termuda di Olimpiade Tokyo 2020.

"Saya tidak berpikir saya bisa menang, tetapi semua orang menyemangati saya, jadi saya senang saya dapat menemukan alur saya," kata Nishiya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Atlet RI, Windy Cantika Aisah, 19 Tahun

Foto: Menguras Emosi, Kumpulan Foto Ekspresi Para Olimpian di Olimpiade Tokyo 2020 Hingga Hari Ini
Perbesar
Foto yang diambil dengan kamera robot ini menunjukkan reaksi Windy Cantika Aisah dari Indonesia saat berlaga dalam kompetisi angkat besi 49kg putri pada Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo International Forum, Tokyo pada 24 Juli 2021. (AFP/Pool/Chris Graythen)

Atlet angkat besi Windy Cantika Aisah tampil di kelas 49 kg putri dan berhasil meraih medali perunggu dari kategori Snatch serta Clean & Jerk. Medali yang didapatkan atlet 19 tahun itu merupakan yang pertama diraih RI pada Olimpiade Tokyo.

Windy Cantika kalah dari dua atlet angkat besi asal India dan China yang memang lebih senior dari segi usia. Adapun, atlet India Chanu Mirabai sukses meraih medali perak, sementara emas diraih oleh Hou Zhihui asal China.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Atlet China Cheng Yuxi (15) dan Zhang Jiaqi (17)

Pasangan atlet renang China
Perbesar
Cheng Yuxi (15) dan Zhang Jiaqi (17). (Sumber: situs resmi Olimpiade Tokyo)

Cheng Yuxi (15) dan Zhang Jiaqi (17) berhasil tampil gemilang dalam cabang olahraga menyelam 10 meter. Pasangan atlet dari Republik Rakyat China ini baru saja mendapatkan medali emas.

Cheng dan Zhang mengalahkan pasangan atlet dari AS, Jessica Parratto dan Delaney Schnell yang berusia jauh di atas mereka. Serta pasangan dari Meksiko, Gabriela Agundez Garcia dan Alejandra Orozco.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya