7 Cara Membantu Kucing Pemalu Merasa Lebih Nyaman di Rumah

Oleh Gilar Ramdhani pada 09 Sep 2021, 16:12 WIB
Diperbarui 09 Sep 2021, 16:12 WIB
Ini Alasan Kucing Suka Dibelai di Bagian Dagunya, Bikin Auto-Gemas
Perbesar
(c) Shutterstock

Liputan6.com, Jakarta Jika baru-baru ini kamu memutuskan untuk mengadopsi kucing, tentunya kamu akan bersemangat untuk mengajaknya bermain, mencurahkan kasih sayang dan berkeliling melihat rumah barunya.

Masalahnya, tidak semua kucing dengan cepat akrab dan beradaptasi dengan lingkungan baru dan keluarga di rumah. Sebagian dari mereka termasuk kucing yang pemalu dan bahkan penakut. Sehingga kamu tidak bisa melakukan pendekatan dengan terburu-buru. 

Meski begitu ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu kucing pemalu mulai percaya dan mengurangi kecemasannya. Berikut adalah beberapa tips dikutip dari moderncat untuk kamu mulai.

1. Lingkungan yang tepat

Beri kucing ruang atau tempat yang bisa bebas mereka akses sendiri. Pikirkan tentang pencahayaan dan suara. Turunkan lampu sehingga dia tidak merasa terlalu terbuka dan pastikan tidak ada musik keras yang diputar atau pembicaraan yang keras.

2. Sediakan tempat persembunyian

Kemampuan untuk bersembunyi adalah mekanisme yang berharga bagi kucing. Saat dia bersembunyi, dia menjadi tenang dan dapat mulai mengevaluasi sekelilingnya. Tempat persembunyian dapat dibuat dengan menyediakan terowongan, tempat tidur kucing bergaya gua, kotak terbuka atau kantong kertas yang diletakkan di sisinya atau ide kreatif lainnya. Jangan pernah menggunakan kantong plastik.

3. Bantu kucing kenali aroma

Bagi kucing, aroma adalah alat komunikasi yang berharga. Bantu kucing mengenal aroma kamu sambil tetap berada di zona nyamannya. Letakkan beberapa t-shirt atau handuk di lantai dekat tempat persembunyiannya yang mengandung aroma kamu. Dengan cara ini, dia bisa menyelidiki dan tidak perlu khawatir bila dekat dengan kamu.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Bangun kepercayaan lewat makanan

Saat kamu memberi makan kucing pemalu, letakkan mangkuk di tempat yang menurutnya paling nyaman, lalu tinggalkan ruangan itu, kamu bisa lihat dari kejauhan.

Jadwalkan pemberian makan sehingga kucing mulai mengasosiasikan kehadiran kamu dengan pengiriman makanan. Selain itu, sedikit suap juga tidak ada salahnya, jadi bawalah beberapa camilan untuk dilemparkan dengan lembut ke dekat kamu saat kamu melewati kucing atau memasuki ruangan.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi kucing dewasa, kamu bisa memberikan makanan kucing Muezza. Muezza adalah salah satu makanan kucing kering atau dry food yang mengandung nutrisi seimbang dan tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand. Muezza mengandung ekstrak Yucca Schidigera untuk menghilangkan bau, meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan jumlah bakteri baik, guna menjaga kondisi saluran usus.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

Kamu juga bisa memakai pelatihan clicker dengan kucing pemalu sehingga dapat menunjukkan kepada mereka bahwa langkah positif terkecil akan memberi mereka hadiah makanan. Pelatihan clicker adalah metode pelatihan lembut yang memungkinkan kamu memberi hadiah kepada kucing secara perlahan dan bertahap karena telah mengambil langkah ke arah yang benar.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

5. Gunakan mainan interaktif

Bermain adalah alat membangun kepercayaan yang kuat jika dilakukan dengan cara yang benar. Gunakan mainan jenis pancing sehingga memberi jarak antara kamu dan kucing. Ini akan membuatnya merasa aman di zona nyamannya. Saat kamu memindahkan mainan, jangan mendekati kucing karena itu akan membuatnya defensif.

6. Gunakan suara kamu

Kamu mungkin berhasil saat bersama anak anjing dengan menggunakan suara bernada tinggi dan bersemangat, tapi itu tidak akan diterima dengan baik oleh kucing pemalu. Sebaliknya, bicaralah dengan nada lembut dan tenang untuk membantu kucing kamu terbiasa dengan kehadiran kamu.

Kucing bereaksi jauh lebih baik terhadap suara yang tenang dan menenangkan daripada suara memekik dan bersemangat. Jika ada anak kecil di rumah, bantu mereka memahami konsep ini juga saat mereka pertama kali bertemu kucing baru.

7. Biarkan Kucing Mengatur Kecepatannya

Jika kamu ingin kucing merasa nyaman, penting untuk membiarkannya mengontrol bagaimana dan kapan dia ingin berinteraksi dan lebih dekat dengan kamu. Jangan pernah menariknya keluar dari tempat persembunyian atau terburu-buru dalam proses membangun kepercayaan. Jika dia keluar dari persembunyiannya, jangan langsung angkat dia ke dalam pelukanmu. Dia perlu tahu bahwa dia memiliki kendali untuk memutuskan seberapa dekat atau menjauh darimu.

Jika kamu membiarkan kucing mengatur langkahnya, sementara pada saat yang sama, menunjukkan kepadanya bahwa dia tidak takut, dia akan segera menyadari bahwa dia telah menemukan rumah selamanya yang sempurna.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya