5 Merchandise Unik Olimpiade Tokyo 2020, Ada Teko hingga Boneka Penangkal Hujan

Oleh Ulya Kaltsum pada 27 Jul 2021, 10:06 WIB
Diperbarui 27 Jul 2021, 10:06 WIB
Banner Olimpiade Tokyo 2020
Perbesar
Banner Olimpiade Tokyo 2020. (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta - Perhelatan Olimpiade Tokyo 2020 telah dibuka sejak Jumat (23/7/2021). Ajang olahraga tersebut sedang menjadi perbincangan hangat publik, khususnya para pengguna jejaring sosial.

Mulai dari maskot, ranjang yang tebuat dari kardus, hingga berbagai merchandise unik Olimpiade Tokyo 2020.

Kini, berbagai jenis pernak-pernik Olimpiade Tokyo banyak diburu oleh penggemar. Hal ini dilakukan untuk meramaikan ajang olahraga multi cabang empat tahunan ini.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut sejumlah merchandise unik Olimpiade Tokyo 2020 yang bisa kamu miliki, Senin (26/7/2021).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

1. Daruma

Daruma, Boneka Keberuntungan Khas Jepang
Perbesar
Pedagang boneka merah Daruma dalam pameran tahunan Oume Daruma di Tokyo, 12 Januari 2018. Mereka yang membeli boneka ini bisa melukis di salah satu bola matanya sambil membuat keinginan, dan satu mata lain jika keinginannya terwujud. (AP/Koji Sasahara)

Daruma merupakan sebuah boneka tradisional yang berasal dari Jepang. Daruma berbentuk bulat dan tidak memiliki tangan ataupun kaki. Pengunjung bisa menemukan dan membeli Daruma saat awal tahun di Kota Takasaki, Jepang.

Boneka Daruma dianggap sebagai benda keberuntungan sejak puluhan tahun lalu oleh kuil Shorinzan Darumaji. Konon, jika ingin harapannya terkabul, orang tersebut harus menggambar pada kedua matanya yang kosong.

Selain itu, boneka Daruma juga melambangkan sikap pantang menyerah. Hal ini karena terdapat pemberat di dalamnya sehingga ketika dijatuhkan dapat berdiri kembali dengan sendirinya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Teru Teru Bozu

teru teru bozu
Perbesar
Sumber: matcha-jp.com

Selain Daruma, boneka lainnya yang menjadi merchandise Olimpiade Tokyo 2021 adalah Teru-Teru Bozu atau boneka yang dipercaya sebagai penangkal hujan. Teru Teru Bozu edisi Olimpiade Tokyo 2020 kali ini memiliki brodiran berwarna biru dan merah di badannya.

Teru Teru Bozu merupakan boneka yang mirip seperti hantu. Boneka ini terbuat dari kertas tisu dan kain. Biasanya, Teru Teru Bozu digantung di luar jendela atau pintu dengan harapan cuaca akan cerah.

Teru Teru Bozu telah diperkenalkan sejak masih kanak-kanak melalui sajak yang indah, tetapi sedikit menyeramkan. Sajak Teru Teru Bozu menceritakan agar hari-hari kembali cerah, menjanjikan sebuah keinginan akan terpenuhi dan banyak hal-hal baik yang akan dikabulkan. Jika tidak, lehernya akan dipotong.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Kimono

Menikmati Keindahan Bunga Sakura Mekar di Taman Tokyo
Perbesar
Pengunjung berpakaian Kimono melihat bunga sakura yang mekar di taman Tokyo, Jepang, Jumat (23/3). Mekarnya sakura menjadi momen yang paling ditunggu oleh para turis asing di Jepang. (Foto AP/Eugene Hoshiko)

Ketika mendengar kata “Jepang,” salah satu yang terbayang adalah kimono. Baju ini memang merupakan ciri khas dari Negeri Matahari Terbit itu.

Dalam situs resmi merchandise olimpiade Tokyo kali ini terdapat kimono edisi khusus, yakni adanya logo Olimpiade Tokyo 2020.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Teko

Ilustrasi teko dari tanah liat
Perbesar
Ilustrasi teko dari tanah liat (Dok.Unsplash)

Pernak-pernik lain yang meramaikan Olimpiade Tokyo 2020 adalah sebuah teko. Teko ini terbuat dari besi yang tebal sehingga suhu air di dalamnya tetap terjaga. Uniknya, terdapat logo Olimpiade Tokyo pada badan teko tersebut.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

5. Mesin Penjual Merchandise Otomatis

Di Jepang, Vending Machine Tawarkan Payung Hingga Lobster
Perbesar
Vending machine yang biasanya berisi makanan atau minuman, di jepang berisi benda sehari-hari (Sumber foto: tokyoblingswordpress)

Jepang memang dikenal memiliki berbagai mesin penjual otomatis yang unik. Kali ini terdapat mesin penjual merchandise otomatis yang menyediakan berbagai pernak-pernik Olimpiade Tokyo 2020. Mulai dari kacamata, tas jinjing, mug, hingga boneka daruma.

Mesin penjual merchandise ini bisa ditemukan di toko oleh-oleh resmi di pusat media Olimpiade Tokyo.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya