8 Alasan Mengapa Finlandia Jadi Negara Paling Bahagia di Dunia

Oleh Syifa Aulia pada 28 Jul 2021, 12:05 WIB
Diperbarui 28 Jul 2021, 12:05 WIB
Ilustrasi bendera Finlandia (AFP Photo)
Perbesar
Ilustrasi bendera Finlandia (AFP Photo)

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tahunnya, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) merilis daftar peringkat negara bahagia di dunia. Daftar tersebut dapat menunjukkan negara apa saja yang paling baik untuk ditinggali.

Di tahun 2021, Finlandia kembali menduduki peringkat teratas pada kategori negara paling bahagia di dunia menurut World Happiness Report.

Ini bukan kali pertama negara tersebut mendapat julukan negara paling bahagia di dunia. Pasalnya, Finlandia sudah menduduki peringkat satu sejak tahun 2018.

Penilaian survei kali ini fokus kepada bagaimana pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19 dan dampak yang dirasakan oleh masyarakat akibat pandemi. 

Survei ini menggunakan jajak pendapat Gallup World Poll miliki The Gallup Organization. Lantas, mengapa Finlandia dinobatkan menjadi negara paling bahagia di dunia? Ini dia alasan seperti merangkum dari berbagai sumber.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Scroll down untuk melanjutkan membaca

1. Santai dan Bebas

Ilustrasi Helsinki, Finlandia
Perbesar
Ilustrasi Helsinki, ibukota Finlandia. Foto: Angelo Giordano/Pixabay

Satu hal yang membuat negara ini menjadi tempat terbaik untuk ditinggali adalah cara hidup masyarakatnya yang santai dan bebas.

Jika dibandingkan dengan negara barat lainnya, masyarakat di Finlandia sangat berdamai dengan dirinya sendiri.

Budaya di negara tersebut juga sangat hangat dan fokus pada kerja sama. Ini membuat masyarakatnya tidak merasa khawatir dengan dunia luar, sehingga mampu bertahan dalam menghadapi kehidupan serta masalah-masalah yang terjadi tidak terlalu membuat mereka kecewa.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Pemandangan Alam yang Indah

Titi Kamal
Perbesar
Titi Kamal senang mendapati Aurora Borealis saat berada di Rovaniemi, Finlandia (Dok.Instagram/@titi_kamall/https://www.instagram.com/p/B67MHBdhzHz/Komarudin)

Alam telah menjadi bagian besar dari kehidupan di Finlandia. Ibu kotanya dikelilingi oleh pulau, hutan, taman nasional dan laut. Masyarakat dapat menggunakan alam tersebut dengan bebas dan tetap bertanggung jawab.

Akses untuk menikmati pemandangan alam juga sangat mudah. Pemandangan alam yang indah ini dapat mengurangi stres bagi masyarakatnya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Menghargai Waktu

Pelanggaran Jam Malam
Perbesar
Ilustrasi Jam Malam Credit: pexels.com/NegativeSpace

Masyarakat di Finlandia sangat menghargai waktu. Hal ini membuat jam kerja sangat diatur agar tidak berlebihan dan dapat menikmati waktu luang dan akhir pekan.

Kegiatan lembur di Finlandia sebisa mungkin harus dihindari karena itu dianggap sebagai kerja yang berlebihan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Tingkat Kejahatan Rendah

Mobil
Perbesar
Ilustrasi maling sedang mengintai sebuah mobil. (snopes.com)

Tinggal di Finlandia membuat Anda merasa aman karena negara ini memiliki tingkat kejahatan yang sangat rendah. Masyarakatnya dapat dengan bebas berjalan sendirian di malam hari atau tempat yang sepi tanpa diselimuti rasa takut dan khawatir.

Finlandia bisa masuk ke dalam daftar liburan Anda jika ingin bepergian sendiri. Tetapi, bukan berarti di Finlandia tidak pernah mengalami tindakan kriminal.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

5. Sistem Pendidikan yang Baik

Pilih Spot yang Nyaman Untuk Memulai Kegiatan Sekolah Online
Perbesar
Ilustrasi Sekolah Secara Online Credit: pexels.com/pixabay

Pendidikan menjadi dasar kesejahteraan di Finlandia, maka sistem pendidikan di sana tertata dengan baik. Guru-guru di Finlandia memiliki pendidikan tinggi dan sangat dihormati. Semua masyarakat Finlandia berhak atas pendidikan dan mendapat kesempatan yang sama.

Sistem pendidikan di Finlandia terdiri dari pendidikan dan pengasuhan anak usia dini, pendidikan pra-sekolah dasar diberikan pada anak sebelum memulai wajib belajar, pendidikan komprehensif atau pendidikan wajib untuk anak usia sekolah dimulai dari usia 7-17 tahun.

Pendidikan menengah atas terdiri dari pendidikan umum dan kejuruan yang dimulai pada usia 18 tahun, pendidikan tinggi atau universitas, terakhir pendidikan dan pelatihan orang dewasa untuk menjadi profesional di dunia kerja.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

6. Kesetaraan

kaya-miskin-140117c.jpg
Perbesar
Ilustrasi kaya dan miskin

Hidup di Finlandia tidak membeda-bedakan setiap golongan, seperti si kaya dan si miskin. Semua orang dianggap sama dan setara tanpa memandang latar belakang sosial dan ekonominya.

Orang miskin di Finlandia tetap mendapatkan hak pendidikan dan kesehatan yang baik, begitu pun juga orang kaya. Tidak ada perbedaan di antara keduanya. Kelas menengah di Finlandia terbilang sangat besar dan tingkat kemiskinan yang kecil. Orang kaya di Finlandia banyak yang tidak menunjukkan kekayaannya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

7. Praktis dan Serba Digital

Digitalisasi di Rumah Sakit, Ramah Lingkungan dengan Maksimalkan Gawai
Perbesar
Ilustrasi penggunaan gawai di rumah sakit. (dok. Samsung)

Digitalisasi di Finlandia terbilang cukup maju karena masyarakatnya tidak takut mencoba sesuatu yang baru. Mereka sangat memanfaatkan perkembangan teknologi dan internet dalam kehidupan.

Urusan administrasi, layanan kesehatan dan yang lainnya dapat dengan mudah dilakukan dengan teknologi. Pemanfaatan teknologi tersebut dibuat untuk menghemat waktu, sehingga hanya butuh waktu beberapa menit untuk mengurus sesuatu di Finlandia.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

8. Lingkungan yang Bersih

Memancing di Tengah Laut Beku
Perbesar
Sejumlah pria dikelilingi kawanan burung camar ketika memancing di tengah laut Bothnia yang membeku di Vaasa, Finlandia, Rabu (27/12). Selain suhu ekstrem, pemancing dapat melakukan aksinya di tengah laut dengan berjalan kaki. (OLIVIER MORIN / AFP)

Negara ini memiliki lingkungan yang bersih dan terawat karena masyarakatnya sangat menjaga lingkungan. Air-air yang bersih, jalanan tidak ada sampah dan udara yang bersih. Mereka sangat menghormati alam sekitarnya.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya