Sukses

6 Perlengkapan yang Perlu Disiapkan Sebelum Mengadopsi Kucing

Sebelum kamu mengadopsi kucing, persiapkan beberapa perlengkapan ini agar tidak ada masalah saat bersama kucing.

Liputan6.com, Jakarta Di masa pandemi, banyak orang orang menemukan hobi baru. Mulai dari bersepeda, berkebun, hingga memelihara hewan piaraan seperti ikan, burung hingga kucing. Terakhir, paling menarik karena tren pencarian kata kunci adopsi hewan peliharaan meningkat drastis di masa pandemi ini.

Tak mengherankan ya, karena kucing memang terkenal sebagai sahabat manusia, perilakunya yang lucu dan menggemaskan serta asik diajak bermain. Bila kamu memutuskan untuk mengadopsi kucing tentu itu sangat luar biasa. Sebelum hal itu terwujud, ada beberapa perlengkapan yang perlu kamu siapkan agar pengalaman bersama kucing menyenangkan, bukan malah menyulitkan.

1. Kandang Kucing

Untuk bisa membawa kucing baru yang diadopsi, kamu perlu menyiapkan kandang yang nyaman dan tepat. Model kandang yang bisa kamu pilih adalah dengan bagian atap yang bisa dibuka dan ditutup. Itu lebih mudah memasukkan atau mengambil kucing ketimbang model kandang dengan pintu di depan atau belakang. 

2. Kotak kotoran

Setiap kucing baru membutuhkan tempat untuk buang air kecil dan besar. Maka dari itu, kamu perlu menyiapkan kotak sampah. Bila hanya mengadopsi satu kucing, setidaknya kamu perlu dua kotak sampah, utama dan cadangan. Bila dua kucing, setidaknya perlu ada tidak kotak kotoran.

Ukuran kotak kotoran dengan model apapun, setidaknya 1,5 kali lebih panjang dari kucing sehingga memberi mereka ruang untuk berbalik. Adapun bahan kotak yang dipilih bisa berbahan plastik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Mangkuk makanan dan air

Mangkuk makanan kucing tersedia dalam berbagai ukuran, bentuk, dan bahan. Memilih yang tepat bisa sangat membantu memberikan kenyamanan bagi kucing. Terlebih kucing memilih siklus kehidupan berbeda dari anak kucing, kucing dewasa dan senior atau berusia tua.

Tak hanya membuat kucing nyaman, ukuran dan bentuk mangkuk makanan kucing juga dapat mencegah kucing dari masalah. Seperti mencegah kucing dari kelelahan kumis, ketegangan leher, jerawat hingga masalah pencernaan.

Sementara itu, ketika berbicara tentang bahan mangkuk makanan kucing, kamu akan menemukan lima pilihan, dari Stainless steel, kaca, keramik, hingga plastik. Bahan stainless steel pilihan populer untuk mangkuk kucing.

4. Pohon kucing, alat penggaruk dan mainan

Kucing suka memiliki tempat yang tinggi dan aman untuk melihat dunia di bawah mereka. Siapkan pohon kucing, agar kucing tidak memanjat meja, kursi, dan lemari dapur kamu.

Selain itu kamu perlu menyiapkan alat penggaruk khusus. Karena secara alami kucing suka menggaruk. Alat penggaruk khusus juga berfungsi untuk melindungi furniture kamu. Sebagai sahabat manusia, kamu juga perlu siapkan mainan favorit kucing agar dia merasa lebih bahagia dan tidak stres.

5. Tempat tidur kucing

Ketika memilih tempat tidur yang tepat untuk kucing , kamu bisa memilih tempat tidur yang agak tertutup. Mereka juga berfungsi sebagai tempat persembunyian yang baik.

Kucing bisa cukup rewel tentang tempat tidurnya. meskipun memiliki kotak yang bagus dan bantalan empuk. Kamu perlu perhatikan perilaku kucing untuk membantu memilih tempat tidur yang pas. Misalnya, jika kucing kamu suka meringkuk saat tidur, tempat tidur bundar mungkin cocok. Tikar bisa menjadi pilihan terbaik jika kucing kamu suka berbaring.

 

3 dari 4 halaman

6. Kalung Kucing

Meskipun kucing menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam rumah, kamu tetap perlu memasangkan kalung atau tali kucing. Selain bisa menjadi cara menghilangkan kutu kucing, juga bisa menunjukkan bahwa kucing tersebut ada pemiliknya. Pilih yang tidak menyebabkan alergi, nyaman dipakai kucing, tidak terlalu kencang dan tidak mudah kotor. Hindari permukaan kasar dan pinggiran yang tajam. 

 

4 dari 4 halaman

Makanan Kucing

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi kucing dewasa, kamu bisa memberikan makanan kucing Muezza. Muezza adalah salah satu makanan kucing kering atau dry food yang mengandung nutrisi seimbang dan tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand.

Muezza mengandung ekstrak Yucca Schidigera untuk menghilangkan bau, meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan jumlah bakteri baik, guna menjaga kondisi saluran usus. Selain itu, ada empat manfaat lainnya ketika kucingmu mengonsumsi Muezza, yaitu: 

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh kucing dewasa karena dikombinasikan dengan vitamin, asam lemak, dan omega
  • Menyehatkan kulit dan bulu karena mengandung komposisi Omega3 dan Omega6
  • Mengoptimalkan sistem pencernaan karena Muezza dibuat dengan bahan yang sangat mudah dicerna
  • Menstimulasi penglihatan kucing dewasa karena mengandung taurin yang mencegah Feline Central Retinal Degeneration (degenerasi retina pusat pada kucing) dan Cardiomyopathy (lemah jantung)

Muezza semakin menarik untuk jadi pilihan makanan kucing karena memiliki varian rasa Muezza, seperti Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Dari empat varian itu, kamu bisa memilih rasa yang paling disukai oleh si kucing kesayangan dan beli varian rasa favorit kucing di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.