Bahaya, Hindari Mengkonsumsi 7 Makanan Ini Saat Perut Kosong

Oleh Liputan6.com pada 22 Jul 2021, 16:05 WIB
Diperbarui 22 Jul 2021, 16:05 WIB
Ilustras salad
Perbesar
Ilustras salad (Sumber: Pixabay/JillWellinton)

Liputan6.com, Jakarta - Saat bangun di pagi hari, belum ada asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh untuk dicerna. Untuk itu, sarapan menjadi hal penting untuk tubuh menghasilkan energi yang baik saat akan melakukan kegiatan setelahnya. 

Tak hanya itu, mengonsumsi makanan yang bernutrisi baik saat sarapan juga akan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Melansir dari New Delhi Television Limited, Kamis (22/7/2021), makanan tertentu dapat mendatang malapetakan pada usus Anda jika dimakan dengan perut kosong.

Makanan yang dikonsumsi saat pagi hari bisa menentukan jalannya hari tersebut. Beberapa makanan tertentu bisa berakibat buruk jika dikonsumsi saat perut sedang kosong. Konsultan Ahli Gizi bernama Rupali Datta melalui NDTV menyarankan untuk mengindari makanan atau minuman ini saat perut masih kosong.

Ia menyarankan untuk memberikan waktu pada sistem pencernaan untuk mulai berfungsi setelah jam tidur yang panjang. Berikut tujuh makanan atau minuman yang harus dihindari saat perut masih dalam keadaan kosong.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

1. Makanan Pedas

Ilustrasi makanan pedas
Perbesar
Ilustrasi makanan pedas (Sumber: Pixabay/Free-Photos)

Banyak individu yang sangat menyukai makanan pedas hingga sering kali mengonsumsinya tak kenal waktu.

Akan tetapi, sebaiknya dihindari karena makan rempah-rempah dan cabai  saat perut kosong dapat mengiritasi lapisan perut yang menyebabkan reaksi asam dan kram. Hal tersebut akhirnya akan bisa memicu gangguan pencernaan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Makanan atau minuman manis

Ilustrasi minuman manis
Perbesar
Ilustrasi minuman manis (Sumber: Pixabay/stevepb)

Sebagian besar orang sering kali menganggap bahwa minum segelas jus di pagi hari akan baik untuk memulai hari, tetapi nyatanya tidak demikian.

Dr. Rupali menyarankan untuk tidak meminum segelas jus buah di pagi hari karena dapat menambah beban pada pankreas yang baru saja terbangun setelah beristirahat berjam-jam.

Gula dalam bentuk fruktosa yang terdapat dalam buah-buahan bisa menyebabkan beban yang berlebih pada hati Anda. Jauh akan lebih buruk juga jika Anda mengonsumsi gula olahan, maka hindari makanan penutup saat sarapan seperti smoothie yang terlalu manis.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Minuman Bersoda

Ilustrasi minuman bersoda
Perbesar
Ilustrasi minuman bersoda (Sumber: Pixabay/Lernestorod)

Minuman bersoda memang tidak baik untuk kesehatan pada pukul berapa pun, tetapi bisa akan lebih buruk saat dikonsumsi pada pagi hari dalam keadaan perut kosong.

Hal tersebut dikarenakan asam karbonasi akan bercampur dengan asam lambung yang bisa menyebabkan berbagai maslah kesehatan seperti mual dan gas.

Saat perut mengeluarkan asam itu untuk membantu sistem pencernaan Anda, sehingga jika tidak akan makan di perut maka akan hanya ada tambahan yang masuk ke dalamnya. Dengan begitu, masalah pada kesehatan akan datang seperti kram perut atau nyeri.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Minuman Dingin

Ilustrasi minuman dingin
Perbesar
Ilustrasi minuman dingin (Sumber: Pixabay/nots12311)

Minuman dingin juga seharusnya dikonsumsi saat perut masih kosong di pagi hari. Namun, akan lebih baik mengonsumsi air hangat dan madu untuk memulai hari dari pada menenggak segelas es kopi untuk sarapan.

Mengonsumsi minuman dingin saat perut kosong juga bisa merusak selaput lendir dan membuat pencernaan Anda menjadi lamban sepanjang hari. Sedangkan, minuman hangat akan membantu memulai sistem dan metabolism Anda pada pagi hari.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

5. Buah Jeruk

Ilustrasi buah jeruk
Perbesar
Ilustrasi buah jeruk (Sumber: Pixabay/pixel2013)

Beberapa buah-buahan akan menjadi sangat sehat jika dikonsumsi pada waktu yang tepat. Seperti mengonsumsi buah jeruk juga sebaiknya tidak dilakukan saat perut kosong karena akan meningkatkan produksi asam.

Selain itu, terlalu banyak serat dan fruktosa yang terkandung dalam buah-buahan bisa memperlambat sistem pencernaan Anda jika dimakan saat perut kosong. Tidak hanya itu, sebaiknya juga hindari buah-buahan dengan serat keras seperti jambu biji.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

6. Sayuran Mentah

Ilustrasi sayuran mentah atau salad
Perbesar
Ilustrasi sayuran mentah atau salad (Sumber: Pixabay/JillWellington)

Beberapa individu yang sedang melakukan diet, biasanya tidak mengenal waktu dalam mengonsumsi salad atau sayuran mentah. Namun, sayuran mentah bukan makanan terbaik yang bisa dikonsumsi saat perut kosong.

Sayuran mentah penuh dengan serat kasar yang bisa menambah beban saat peruh masih kosong. Tidak hanya itu, makanan tersebut juga bisa menyebabkan perut kembung dan sakit perut saat perut dalam keadaan kosong.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

7. Kopi

Ilustrasi kopi
Perbesar
Ilustrasi kopi (Sumber: Pixabay/kaboompics)

Banyak dari kita yang sudah memiliki kebiasaan untuk mengonsumsi secangkir kopi di pagi hari. Kopi juga terkadang menjadi cara yang mudah untuk bisa berhenti mengantuk, akan tetapi mengonsumsi kopi saat perut kosong dapat menyebabkan keasaman.

Hal tersebut lah yang bisa merangsang sekresi asam klorida dalam sistem pencernaan sehingga menyebabkan gastritis pada beberapa orang.

Sebaiknya hindari makanan atau minuman tersebut saat perut kosong yang teah disebutkan agar tidak menimbulkan masalah kesehatan dari yang kecil hingga besar.

Penulis:

Gerda Faradila

Politeknik Negeri Media Kreatif

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya