Sukses

Cara Memilih Makanan Terbaik untuk Kucing Kesayangan

Ada banyak jenis makanan kucing, sebagian besar termasuk dalam kategori kering dan basah

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak jenis makanan kucing, sebagian besar termasuk dalam kategori kering dan basah. Selain memilih makanan yang disukai hewan berbulu lucu ini, pemilik kucing perlu memberikan makanan yang tepat untuk membantu mereka selalu sehat dan bahagia.

Berikut ini adalah cara memilih makanan terbaik untuk kucing kesayangan:

1. Pertimbangkan Usia Kucing

Cara memilih makanan kucing paling dasar adalah menyesuaikan kebutuhan makanan dengan usia, ras, ukuran, aktivitas, jenis kelamin, dan kebutuhan individual lainnya. Sebab, tiap-tiap kucing memiliki kebutuhan yang berbeda, maka dari itu jenis makanan hariannya juga harus disesuaikan.

Pemilik harus sangat mempertimbangkan untuk memberi makan kucing senior yang rendah protein dan kandungan mineral (garam), dan sedikit lebih tinggi seratnya. Dokter hewan mungkin merekomendasikan makanan yang ramah ginjal, karena penyakit ginjal umum terjadi pada kucing senior, dan makanan kucing biasa bisa keras pada ginjal.

Selain itu, dokter juga dapat merekomendasikan suplemen vitamin dan nutrisi, karena kucing senior dengan nafsu makan berkurang atau masalah pencernaan mungkin kesulitan mendapatkan dan menyimpan nutrisi dalam jumlah yang cukup.

2. Makanan tidak mengandung bahan berbahaya 

Sebagian besar makanan kucing diformulasikan secara khusus agar aman dan seimbang untuk kucing. Menurut American Veterinary Medical Association, kucing harus menjauhi bahan-bahan seperti alpukat, cokelat, anggur, bawang, dan xylitol. Jika tidak yakin tentang makanan kucing tertentu yang kamu pilih, tanyakan kepada dokter hewan. Mereka dapat memastikan makanan kucing kamu tidak mengandung bahan berbahaya.

3. Penuhi nutrisi yang diperlukan kucing

Saat memberi makan kucing, kamu harus memastikan mereka mendapatkan semua nutrisi penting yang mereka butuhkan untuk tetap sehat. Dikutip dari pawp.com, menurut American Society for the Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA), diet terbaik untuk kucing harus mencakup:

  • Air membuat tubuh kucing terhidrasi. Seperti pada manusia, dehidrasi pada kucing dapat menyebabkan penyakit atau bahkan kematian.
  • Protein membantu menjaga sel, otot, jaringan, dan organ kucing tetap sehat. Sebagian besar makanan kucing mengandung protein.
  • Salah satu asam amino esensial yang harus dicari dalam makanan kucing adalah taurin. Makanan kucing berkualitas tinggi mengandung taurin. Kekurangan taurin mungkin dapat menyebabkan masalah pada jantung kucing
  • Sumber energi penting untuk kucing, lemak seperti asam lemak omega-3 dan omega-6 memainkan peran penting dalam mengurangi peradangan dan memastikan kesehatan kulit, sendi, usus, dan ginjal.
  • Sumber energi penting lainnya untuk kucing adalah karbohidrat dan makanan tinggi serat dapat membantu pencernaan kucing.
  • Vitamin dan mineral dapat membantu memastikan fungsi metabolisme yang tepat dan kesehatan tulang serta mulut yang optimal.

4. Jangan beri susu sembarangan

Kamu mungkin pernah melihat kucing dengan lembut menjilat susu dari piring di film atau kartun. Namun, kamu tidak boleh memberi susu sembarangan. Susu dari sumber seperti sapi atau kambing dapat melukai perut kucing dan menyebabkan diare. Terlebih lagi, susu tidak mengandung nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kucing.

5. Bandingkan Makanan Kering dan Basah

Makanan kucing kering adalah makanan berbentuk pelet yang dijual dalam karung. Ini umumnya pilihan yang lebih terjangkau dan tetap segar lebih lama. Pastikan kucing kamu minum banyak air bila kamu memberikan makanan kucing kering.

Makanan kucing basah itu lembut, teksturnya basah, dan tersedia dalam kaleng. Kucing sering lebih menyukai makanan basah daripada makanan kering. Makanan basah juga memiliki kandungan air yang lebih tinggi, jadi jika kucing kamu bermasalah dengan air, makanan basah membantunya tetap terhidrasi.

Makanan basah menjadi pilihan yang baik untuk kucing senior yang memiliki masalah ginjal, karena makanan basah memberikan lebih banyak cairan untuk membantu organ dalam mereka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makanan Kucing Dewasa

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi kucing dewasa, kamu bisa memberikan makanan kucing Muezza. Muezza adalah salah satu makanan kucing kering atau dry food yang mengandung nutrisi seimbang dan tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand.

Muezza mengandung ekstrak Yucca Schidigera untuk menghilangkan bau, meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan jumlah bakteri baik, guna menjaga kondisi saluran usus. Selain itu, ada empat manfaat lainnya ketika kucingmu mengonsumsi Muezza, yaitu: 

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh kucing dewasa karena dikombinasikan dengan vitamin, asam lemak, dan omega
  • Menyehatkan kulit dan bulu karena mengandung komposisi Omega3 dan Omega6
  • Mengoptimalkan sistem pencernaan karena Muezza dibuat dengan bahan yang sangat mudah dicerna
  • Menstimulasi penglihatan kucing dewasa karena mengandung taurin yang mencegah Feline Central Retinal Degeneration (degenerasi retina pusat pada kucing) dan Cardiomyopathy (lemah jantung)

Muezza semakin menarik untuk jadi pilihan makanan kucing karena memiliki varian rasa Muezza, seperti Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Dari empat varian itu, kamu bisa memilih rasa yang paling disukai oleh si kucing kesayangan dan beli varian rasa favorit kucing di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.