Hindari Dua Hal Ini Saat 24 Jam Pertama Bersama Kucing Baru

Oleh Gilar Ramdhani pada 16 Jul 2021, 20:07 WIB
Diperbarui 16 Jul 2021, 20:07 WIB
Kucing Sembunyi
Perbesar
©Shutterstock

Liputan6.com, Jakarta Perubahan lingkungan dan rumah baru bisa membuat kucing merasa takut dan stres. Sebaiknya biarkan kucing memiliki kesempatan untuk merasa tenang dan rileks di lingkungan sekitarnya.

Jika mereka diperkenalkan terlalu cepat dengan berbagai hal yang ada di rumah dapat menyebabkan stres tambahan dan pengalaman pertama yang buruk dapat membuat segalanya menjadi lebih sulit di masa depan. 

Setelah mengetahui 5 langkah penting di 24 jam pertama, sekarang kamu perlu tahu beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan di hari-hari pertama hewan berbulu lucu ini di rumah barunya.

1. Perkenalan dengan Hewan Lain

Kucing secara alami bersifat teritorial dan perkenalan dengan kucing lain tidak boleh dilakukan secara buru-buru. Terkadang butuh waktu berminggu-minggu bagi kucing yang berbagi rumah dan berinteraksi sepenuhnya. Pada hari-hari awal, yang terbaik adalah memisahkan mereka sebelum perkenalan bertahap dimulai.

  • Ikat Anjingmu!

Perkenalan dengan anjing juga harus bertahap dan pertemuan awal akan lebih mudah diatur jika anjing kamu diikat. Pastikan kucing kamu memiliki jalan keluar yang mudah jika mereka merasa tidak nyaman. Pager khusus juga bisa menjadi alat pengaman yang berguna.

  • Jaga Hewan Lebih Kecil

Jika kamu memiliki hewan peliharaan yang lebih kecil, mereka harus dijaga dengan aman. Selain itu, kamu juga perlu mempertimbangkan apakah kucing diizinkan masuk ke ruangan tertentu. Karena burung dan hewan pengerat adalah mangsa alami kucing kamu, hal itu dapat menyebabkan gairah berlebihan. Dan juga menjadi sumber stres bagi hewan peliharaan kecil lainnya ketika kucing berada di hadapannya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Membiarkan Kucing Di Luar Ruangan

Bisa Hitungan Bulan, Pahami Berapa Lama Kucingmu Beradaptasi pada Rumah Barunya
Perbesar
(c) Shutterstock

Jika kamu berencana untuk membiarkan kucing kamu keluar rumah, jangan lakukan ini dalam 24 jam pertama. Stres dan disorientasi lingkungan baru meningkatkan kemungkinan kucing kamu tersesat, terluka, atau melarikan diri.

Umumnya dianjurkan untuk menunggu setidaknya dua minggu sebelum kamu mulai memperkenalkan dunia yang lebih luas. Waktunya bahkan bisa lebih lama, tergantung pada seberapa percaya diri dan ketenangan kucing kamu.

Pastikan pintu yang mengarah ke luar tidak dibiarkan terbuka saat kucing kamu berada di dekatnya, untuk menghindari pelarian yang tidak disengaja.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Makanan Kucing Dewasa

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi kucing dewasa, kamu bisa memberikan makanan kucing Muezza. Muezza adalah salah satu makanan kucing kering atau dry food yang mengandung nutrisi seimbang dan tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand.

Muezza mengandung ekstrak Yucca Schidigera untuk menghilangkan bau, meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan jumlah bakteri baik, guna menjaga kondisi saluran usus. Selain itu, ada empat manfaat lainnya ketika kucingmu mengonsumsi Muezza, yaitu: 

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh kucing dewasa karena dikombinasikan dengan vitamin, asam lemak, dan omega
  2. Menyehatkan kulit dan bulu karena mengandung komposisi Omega3 dan Omega6
  3. Mengoptimalkan sistem pencernaan karena Muezza dibuat dengan bahan yang sangat mudah dicerna
  4. Menstimulasi penglihatan kucing dewasa karena mengandung taurin yang mencegah Feline Central Retinal Degeneration (degenerasi retina pusat pada kucing) dan Cardiomyopathy (lemah jantung)

Muezza semakin menarik untuk jadi pilihan makanan kucing karena memiliki varian rasa Muezza, seperti Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor.

Dari empat varian itu, kamu bisa memilih rasa yang paling disukai oleh si kucing kesayangan dan beli varian rasa favorit kucing di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya