Sukses

Sederet Fakta Menarik Seputar Mata Kucing

Salah satunya adalah melanosit yang memberikan warna pada mata kucing.

Liputan6.com, Jakarta Mata kucing merupakan salah satu hal yang menarik perhatian. Bahkan beberapa ras kucing memiliki ciri khas dari matanya. 

Terlepas dari mata kucing yang indah dan terlihat cerah, ada beberapa fakta menarik dari mata kucing. Dikutip laman Catster, berikut fakta menariknya: 

Warna Mata Kucing

Ketika bicara tentang warna mata kucing, kita perlu membahas iris. Ini adalah area yang memiliki dua lapisan, yaitu stroma dan epitel. 

Kedua lapisan ini mengandung sel penghasil pigmen yang disebut melanosit. Di bagian stroa, melanosit tersusun longgar, sementara epitel cenderung lebih rapat. Bagian iris inilah yang memberikan warna pada mata kucing. 

Melanin pada Mata Kucing

Pigmen yang dihasilkan oleh melanosit adalah melanin. Ya, melanin berperan penting untuk menentukan seberapa gelap warna matanya. 

Itu artinya, semakin banyak melanosit di iris mata kucing, maka akan semakin gelap warnanya. Meski demikian, nggak semua kucing memiliki warna bola mata berwarna cokelat atau hitam seperti manusia. Warna paling gelap di mata kucing adalah tembaga. 

Intensitas Warna Mata Kucing

Ketika sel penghasil melanin sangat aktif, warna mata kucing akan menjadi lebih intens. Kucing dengan jumlah melanosit yang sedang aktif misalnya, warna matanya cenderung keemasan cerah. 

Sementara kucing dengan jumlah melanosit yang kurang aktif, mungkin akan memiliki warna mata kuning lemot yang cenderung pucat. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warna Mata Kucing Ras

Seperti yang disinggung di awal bahwa setiap kucing mempunyai ciri khas warna mata. Kucing ras yang dibiakkan untuk memenuhi standar ras tertentu. Misalnya standar ras kucing bombay alias si kucing hitam, memiliki warna mata intens berwarna tembaga. 

Kucing Bermata Biru

Ketika melihat kaca jendela di depan mata, akan terlihat jernih. Namun jika melihat kaca jendela dari sudut lain, mungkin akan muncul warna agak biru atau hijau di sekitar tepinya. 

Ya, hal itu terjadi karena adanya pembiasan cahaya melalui permukaan yang jernih. Hal ini juga berlaku untuk kucing yang memiliki warna mata biru. Nah yang harus kamu ketahui, kucing bermata biru nggak memiliki sel pigmen di irisnya. Itu karena mata mereka berbentuk bulat dan cahaya yang dibiaskan melalui permukaan bulat tetap akan menghasilkan warna mata biru.  

3 dari 4 halaman

Hubungan Antara Melanin dan Mata Kucing

Anak kucing dilahirkan dengan mata biru karena melanosit mereka belum mulai bekerja. Saat mereka tumbuh, melanosit mulai berfungsi dan warna mata sebenarnya muncul. Ya, warna mata dewasa mulai muncul antara usia 4-6 minggu. Sementara warna mata asli anak kucing mulai terlihat di usia empat bulan. 

Warna Bulu dan Warna Mata Kucing

Tahukah kamu bahwa gen memainkan peranan untuk mengontrol warna bulu dan warna mata kucing? Ya, hal itu dipengaruhi karena adanya melanosit di bulu yang jauh lebih aktif dibandingkan di area mata. 

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa warna mata kucing dipengaruhi oleh melanosit. Hal itu berlaku juga untuk warna bulu kucing. Namun, melanosit nggak muncul pada kucing dengan gen putih. Itu karena kucing berbulu putih cenderung memiliki warna mata biru dibandingkan kucing ras lain. 

4 dari 4 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Mata Kucing

Kucing bisa dibilang adalah salah satu hewan yang memiliki penghilatan tajam. Oleh karena itu, bagi kamu yang memelihara anak bulu alias anabul, perlu menjaga kesehatan mata kucing. Caranya dengan memberikan asupan makanan yang tepat. 

Rekomendasi makanan terbaik bagi kucing adalah Muezza. Ini merupakan makanan kering (dry food) yang diberikan untuk kucing dewasa dan tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand.

Muezza juga mengandung ekstrak Yucca Schidigera untuk menghilangkan bau, meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan jumlah bakteri baik, guna menjaga kondisi saluran usus.  Selain itu, ada empat manfaat lainnya ketika kucingmu mengonsumsi Muezza, yaitu: 

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh kucing dewasa karena dikombinasikan dengan vitamin, asam lemak, dan omega
  2. Menyehatkan kulit dan bulu karena mengandung komposisi Omega3 dan Omega
  3. Mengoptimalkan sistem pencernaan karena Muezza dibuat dengan banyak yang sangat mudah dicerna
  4. Menstimulasi penglihatan kucing dewasa karena mengandung taurin yang mencegah Feline Central Retinal Degeneration (degenerasi retina pusat pada kucing) dan Cardiomyopathy (lemah jantung)

Nah ada empat pilihan varian rasa Muezza, seperti Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Dari empat varian itu, kamu bisa memilih rasa yang paling disukai oleh si kucing kesayangan.

Jangan ditunda, tentukan pilihan variannya sekarang karena Muezza lagi ada promo bundling yang dijamin bikin hemat kantong. Yuk segera beli varian rasa terfavoritnya di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.