Sukses

4 Alasan Unik Kucing Suka Menjatuhkan Sesuatu, Jangan Keburu Marah!

Kucing suka menjatuhkan sesuatu bisa disebabkan oleh beberapa hal, tetapi sebagian besar mereka tidak sengaja membuat kamu kesal.

 

Liputan6.com, Jakarta Kucing binatang peliharaan yang lucu dan menarik. Bisa memelihara dan akrab dengannya menjadi sebuah pengalaman yang sangat menyenangkan. Mereka tergolong binatang yang pintar dan punya rasa ingin tahu yang tinggi.

Namun, dibalik perilakunya yang menggemaskan, terkadang kucing juga bisa bertingkah aneh dan absurd. Salah satunya adalah menjatuhkan barang atau sesuatu dari atas meja, sofa dan yang lainnya.Meskipun kucing mungkin menjatuhkan sesuatu untuk mendapatkan perhatian kamu, tapi sebagian besar perilaku mereka tidak sengaja membuat kamu marah.

Dikutip dari petsradar.com, berikut ini sejumlah alasan yang membuat kucing suka menjatuhkan barang dan setelah mengetahuinya penting sekali untuk tidak buru-buru marah.

1. Untuk mendapatkan perhatian

Jika kamu pernah menyaksikan kucing dengan gembira menjatuhkan barang-barang dari meja atau rak bahkan saat kamu sudah melarangnya, maka kemungkinan besar ia sedang mencari perhatian kamu.

“Kucing menyukai perhatian, dan bahkan perhatian negatif bisa bermanfaat,” jelas Dr. Joanna Woodnutt, “Mereka akan segera belajar mengulangi tindakan untuk mendapatkan perhatian kamu, jadi sebaiknya abaikan saja,” imbuhnya.

Untuk menghindari cangkir kopi berakhir berkeping-keping di lantai, jauhkan dari godaan kucing. Singkirkan barang-barang berharga yang mudah pecah, pindahkan dari tempat-tempat yang sering didatangi kucing.

Kamu juga dapat menyiapkan tiang garukan kucing terbaik atau pohon kucing dengan mainan gantung yang akan membuat mereka tidak mengejar barang-barang berharga kamu. Meskipun ingin menghindari memberi hadiah kepada kucing saat berperilaku buruk, memberi mereka banyak perhatian ketika mereka berperilaku baik akan memastikan mereka merasa dicintai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Karena mereka ingin bermain

Kucing membutuhkan banyak stimulasi secara mental maupun fisik. Ketika dibiarkan sendiri, kucing akan sering mencari stimulasi itu dengan cara yang mereka ketahui. Salah satu bermain dengan barang-barang di rumah.

Kucing punya rasa ingin tahu tinggi dan melihat benda bergerak bisa menarik perhatian mereka. Untuk memanfaatkan naluri mengejar dan menerkam alami mereka, pastikan kamu memiliki banyak mainan kucing yang dapat mereka mainkan.

Jika kamu menemukan bahwa mainan tikus atau bulu biasa tidak menggairahkan si kucing, pertimbangkan untuk mencoba mainan kucing interaktif karena ini bisa menstimulasi kucing.

Memberi kucing banyak alternatif permainan akan membantu mengalihkan perhatian mereka dari merusak perabotan dan juga akan membuat mereka lelah. Kelelahan cenderung membuat mereka berperilaku baik.

“Kucing yang lelah adalah kucing yang berperilaku baik, jadi merupakan ide yang baik untuk membuat mereka lelah secara fisik dengan permainan,” kata Woodnutt.

3 dari 3 halaman

3. Memanfaatkan naluri berburu

Kucing adalah pemburu alami dan mereka memiliki dorongan mangsa yang tinggi, yang berarti mereka selalu mencari sesuatu untuk diburu. Karena mereka ingin tahu dan berhati-hati, mereka dapat dengan cepat mengetahui barang mana di rumah yang berpotensi mengancam mereka dan mana yang tidak.

Jika kamu pernah menggunakan tangan untuk menguji dengan cepat apakah ada sesuatu yang panas, kucing berperilaku dengan cara yang sama dengan cakarnya. Itulah sebabnya kamu mungkin melihat mereka memberikan dorongan lembut sebelum mereka menjatuhkan sesuatu.

4. Suka memanjat

Selain pemburu, kucing juga pemanjat yang baik dan mereka tidak terlalu peduli apakah mereka memanjat pohon, sofa, atau rak buku, selama mereka bisa berada di tempat lebih tinggi dan bisa mengamati semua tindakan yang terjadi di bawah.

Jika kucing kamu suka mencoba memanjat dinding untuk mencapai ketinggian baru, kami sarankan untuk memiliki rumah pohon agar kucing tidak memanjat sembarang tempat. 

Memberi makan kucing kamu tepat waktu, memberi mereka cinta di siang hari dan menghabiskan waktu untuk merawatnya, adalah cara yang bagus untuk memberikan perhatian yang dibutuhkan kucing. 

Bicara soal makanan mereka, pastikan selalu mencukupi kebutuhan nutrisi dan gizi kucing kesayangan dengan memberikan Muezza. Cat food berkualitas yang satu ini memiliki beragam kandungan penting buat membantu kesehatan kucing kesayangan, di antaranya ada mineral, omega 3, protein, dan vitamin. Kemudian varian rasanya pun bermacam dan bisa disesuaikan sama kesukaan si kucing, yaitu Mackarel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor.

Kandungan gizi di dalamnya juga ampuh untuk membantu menjaga kesehatan bulu, mata, tulang, serta meningkatkan daya tahan tubuh mereka. Selain itu, Muezza juga udah memiliki sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand.

Tunggu apalagi? Nggak perlu ragu buat membuktikan kelezatan Muezza pada kucing kesayangan. Yuk, beli sekarang juga, langsung klik di bawah ini.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.