Sukses

5 Tips Mencegah Kucing Menggaruk Perabotan dan Barang-Barang di Rumah

Meskipun kucing adalah sahabat yang menggemaskan, garukan yang tidak tepat bisa menjadi sumber frustrasi bagi pemilik kucing.

Liputan6.com, Jakarta Kucing dikenal sebagai sahabat manusia yang lucu dan menggemaskan. Namun predikat tersebut bisa luntur bila melihat kucing suka menggaruk perabot atau furniture rumah. Perilaku yang merusak ini seringkali menjadi sumber frustasi pemiliknya.

Kucing menggaruk-garuk perabotan rumah tangga dan mungkin benda-benda lain umumnya disebabkan oleh kuku kucing yang terlalu panjang dan tajam serta tanda kebosanan. Mengatasi kebiasaan buruk kucing yang menggaruk sembarangan sebenarnya bisa lebih mudah dari yang kamu bayangkan.

Dikutip dari petsradar, berikut ini cara menghentikan perilaku kucing menggaruk perabotan dan barang-barang di rumah.

1. Potong kuku kucing yang sudah panjang

Salah satu tujuan utama menggaruk adalah untuk membantu menjaga kuku kucing dalam kondisi baik. Jika kamu menjaga kuku kucing dengan benar, ini mungkin dapat membuat kucing merasa tidak perlu melakukan perilaku menggaruk yang tidak pantas di sekitar rumah. Menjaga kuku kucing tetap pendek juga akan memberikan manfaat tambahan, itu akan meminimalkan kerusakan yang terjadi jika dan ketika kucing sesekali menggaruk. 

2. Sediakan permukaan gores alternatif

Menggaruk adalah perilaku normal bagi banyak kucing, bahkan jika kamu menjaga kukunya dipangkas dengan benar. Oleh karena itu, penting untuk menyediakan alat untuk menggaruk yang aman di dalam rumah. Kucing yang berbeda memiliki preferensi yang berbeda untuk bahan garukan, jadi sebaiknya tawarkan kucing sejumlah pilihan dan lihat apa yang mereka sukai.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Pastikan kucing mendapatkan banyak stimulasi

Meskipun menggaruk memiliki tujuan penting dalam memelihara kuku, beberapa kucing juga menggaruk karena bosan. Jika memiliki kucing aktif yang ditinggalkan sendirian sepanjang hari, kebosanan mungkin berperan dalam perilaku menggaruk yang tidak pantas pada kucing Anda.

Pastikan kucing mendapatkan banyak aktivitas secara mental dan fisik. Ada banyak mainan yang memungkinkan kamu bermain secara interaktif dengan kucing, termasuk tongkat dan mainan tikus. Jadwalkan waktu bermain di pagi dan sore hari, untuk membantu memastikan bahwa kucing menerima latihan yang konsisten dengan jadwal yang dapat diprediksi.

4. Berikan alternatif bagi kucing untuk menandai wilayahnya di rumah

Beberapa kucing menggaruk permukaan sebagai sarana untuk menandai wilayah mereka. Hal ini sangat mungkin terjadi di rumah dengan banyak kucing atau di rumah di mana kucing luar dapat dilihat oleh kucing dalam ruangan. Menggaruk tidak hanya meninggalkan sinyal untuk kucing lain, tetapi juga memungkinkan kucing untuk menyimpan sinyal aroma yang dihasilkan di alas kaki.

5. Singkirkan tikus dan hama lain di perabotan

Meskipun garukan yang paling tidak pantas dapat diatasi dengan menangani kebutuhan kucing dengan lebih baik, ada satu kemungkinan penyebab lain dari perilaku ini. Jika kamu tinggal di rumah yang lebih tua atau daerah pedesaan, ada kemungkinan kucing bereaksi terhadap tikus atau hama lain di perabotan maupun dinding rumah kamu.

3 dari 3 halaman

Makanan Kucing Dewasa

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi kucing dewasa, kamu bisa memberikan makanan kucing Muezza. Muezza adalah salah satu makanan kucing kering atau dry food yang mengandung nutrisi seimbang dan tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand.

Muezza mengandung ekstrak Yucca Schidigera untuk menghilangkan bau, meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan jumlah bakteri baik, guna menjaga kondisi saluran usus. Selain itu, masih banyak manfaat lain yang didapatkan kucing peliharaan khususnya dewasa yang rutin mengonsumsi Muezza, yaitu: 

Muezza semakin menarik untuk jadi pilihan makanan kucing karena memiliki varian rasa Muezza, seperti Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Dari empat varian itu, kamu bisa memilih rasa yang paling disukai oleh si kucing kesayangan dan beli varian rasa favorit kucing di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.