Sukses

6 Bahan Alami untuk Mengobati Kutu pada Kucing

Cegah kutu pengganggu pada hewan peliharaan kamu dengan obat kutu yang berasal dari bahan-bahan alami ini.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak jenis parasit yang bisa menyebabkan masalah kesehatan bagi kucing. Salah satunya adalah kutu. Tidak hanya rawan dialami kucing liar, tetapi kucing rumahan juga tak luput dari serangan kutu.

Kucing yang kutuan biasanya ditandai dengan seringnya menggaruk, menggigit kulit, menjilat, dan tampak gelisah. Kutu pada kucing bisa disebabkan oleh lingkungan yang kotor, kontak dengan kucing lain yang kutuan, atau ketidakmampuan kucing membersihkan dirinya.

Ada berbagai cara untuk mencegah dan mengobati kutu pada kucing.  Dari pencegahan dengan obat berlabel 'topikal' hingga kalung kutu. Perawatan oral untuk sampo kutu, bahan-bahan alami dan sisir.  Dikutip dari petsradar, berikut ini adalah bahan-bahan alami yang dipercaya ampuh untuk menghilangkan kutu pada kucing.

1. Semprotan Lemon

Lemon merupakan buah yang banyak mengandung asam sitrat, salah satu zat yang efektif membunuh kutu. Untuk membuat semprotan kutu dari lemon buatan sendiri, potong beberapa lemon, rebus dalam air, dan rendam selama beberapa jam. 

Untuk mengaplikasikannya pada bulu, kamu bisa menggunakan botol semprot. Pastikan tidak mengenai bagian matanya. Jika kucing membenci air, kamu bisa mencelupkan sisir ke dalam cairan dan mengaplikasikan ke bulu kucing Pastikan untuk mengawasi kucing jika ada tanda-tanda iritasi kulit.

2. Minyak Cedar

Minyak esensial yang tidak beracun untuk kucing tetapi dibenci oleh kutu. Minyak cedar dapat menjadi pengusir kutu alami yang efektif. Kamu dapat menyemprotkan minyak langsung ke bulu kucing atau menggunakan sisir. Namun penggunaan yang populer adalah membuat kalung kutu alami kamu sendiri dengan menempatkan atau merendam minyak cedar di kalung kucing.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Minyak Kelapa

Bahan alami lain yang dapat digunakan untuk perawatan kulit hewan peliharaan adalah, minyak kelapa. Bahan ini membantu mengatasi alergi, kulit kering, gatal, dan memberikan kesehatan bulu secara keseluruhan pada kucing. Ini juga secara alami mengusir parasit berkat asam laurat dan kandungan lemak tinggi yang ditemukan dalam minyak yang membunuh kutu.

Untuk merawat kucing, mandikan kucing lalu oleskan minyak kelapa ke kulit dan bulunya. Setelah beberapa jam, bilas minyaknya dan lihat kutunya hilang.

4. Cuka Sari Apel

Obat kutu kucing alami yang berikutnya adalah cuka sari apel. Meskipun tidak efektif membunuh serangga, cuka sari apel dapat menyebabkan kutu melompat dari tubuh kucing sehingga Anda dapat mengatasi masalah ini dengan lebih baik, menjadikannya serangan pertama yang hebat dalam perang pribadi Anda melawan kutu.

Coba campurkan cuka sari apel dengan air dengan perbandingan 2:1 dan semprotkan ke bulu kucing Anda. Kutu bisa menjadi kelompok yang membandel, jadi Anda mungkin harus menjalani beberapa perawatan rumahan dengan mengoleskan cuka ke bulu kucing agar benar-benar bebas kutu.

5. Catnip

Catnip memiliki banyak efek pada kucing, sangat efektif sebagai pengusir kutu. Tumbuhkan di halaman belakang Anda untuk persediaan praktis, sambil mengusir kutu pada saat yang sama.

Untuk menggunakannya di sekitar rumah, potong daunnya dan gunakan di atas tempat tidur kucing Anda atau gosok kucing Anda dengannya. Pilihan bagus lainnya adalah menempatkan minyak catnip pada kerah kutu buatan sendiri atau tiang garukan.

6. Minyak Zaitun

Minyak zaitun yang memiliki kandungan lemak sehat dapat membunuh kutu. Ini dapat digunakan sendiri atau dikombinasikan dengan minyak esensial seperti lavender, dan oregano untuk berendam di kalung kutu buatan sendiri. Minyak zaitun tidak beracun bagi kucing, kamu dapat mengoleskannya sendiri tanpa masalah. Cukup gosokkan minyak ke bulu, biarkan selama beberapa jam lalu bilas atau sisir.

Perawatan kutu terbaik untuk kucing seringkali melibatkan upaya gabungan dan untuk memastikannya kamu perlu berkonsultasi dengan dokter.

 

3 dari 3 halaman

Makanan Kucing Dewasa

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi kucing dewasa, kamu bisa memberikan makanan kucing Muezza. Muezza adalah salah satu makanan kucing kering atau dry food yang mengandung nutrisi seimbang dan tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand.

Muezza mengandung ekstrak Yucca Schidigera untuk menghilangkan bau, meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan jumlah bakteri baik, guna menjaga kondisi saluran usus. Selain itu, masih banyak manfaat lain yang didapatkan kucing peliharaan khususnya dewasa yang rutin mengonsumsi Muezza, yaitu: 

Muezza semakin menarik untuk jadi pilihan makanan kucing karena memiliki varian rasa Muezza, seperti Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Dari empat varian itu, kamu bisa memilih rasa yang paling disukai oleh si kucing kesayangan dan beli varian rasa favorit kucing di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini