Sukses

Sedang Berjuang Turunkan Berat Badan, Hindari 5 Buah Ini Saat Jalani Diet

Meskipun buah-buahan dianggap sehat saat dikonsumsi, tetapi beberapa buah ini sebaiknya dihindari agar tak menghambat menurunkan berat badan.

Liputan6.com, Jakarta Menurunkan berat badan memang membutuhkan banyak kerja keras untuk bisa mencapai tujuan yang diinginkan. Dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang sehat seperti biji-bijian, daging tanpa lemak, kacang-kacangan dan biji-bijian, produk susu rendah lemak dan buah-buahan dan sayuran untuk menggunakan pola diet yang sehat.

Buah-buahan yang juga termasuk asupan baik untuk tubuh, dengan memberikan manfaat melalui nutrisi di dalamnya. Meskipun dianggap sehat, terdapat beberapa buah yang sebaiknya dihindari saat sedang diet menurunkan berat badan.

Melansir dari New Delhi Television Limited, Selasa, (5/7/2021), 5 buah berikut ini termasuk ke dalam daftar makanan yang sebaiknya dihindari saat ingin menurunkan berat badan secara efisien. Buah-buah tersebut memiliki rasa yang terlalu manis atau jumlah kalori yang tinggi.

Berikut 5 buah yang harus Anda hindari jika Anda ingin turunkan berat badan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Alpukat

Untuk menurunkan berat badan, harus mengonsumsi kalori lebih sedikit. Salah satu buah yangmemiliki kalori tinggi adalah alpukat, dalam 100 gram buah mengandung sekitar 160 kalori. Meskipun alpukat memiliki lemat sehat yang baik untuk tubuh, tetapi juga akan menambah timbangan Anda dengan mudah.

Walaupun, jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar tidak akan menimbulkan masalah. Maka dari itu, tidak berarti Anda benar-benar menghilangkannya dari menu makanan saat menjalankan diet. Konsumsi alpukat yang terbaik ialah dalam jumlah sedang.

3 dari 6 halaman

2. Anggur

Buah lainnya yang juga harus dihindari ialah anggur. Meskipun anggur bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tetapi anggur juga sarat dengan gula dan lemak. Oleh karena itu, buah anggur ini mesti dikurangi saat menjalani diet penuruna berat badan yang ketat.

Dalam jumlah 100 gram anggur terdapat kandungan 67 kalori dan 16 gram gula, yang berarti asupan makanan kecil yang bisa memberikan kontribusi terhadap penambahan berat badan.

4 dari 6 halaman

3. Buah Kering

Buah-buahan kering seperti plum, kismis, dan beberapa lainnya juga sebaiknya dihindari saat melakukan diet. Pada buah kering memiliki kalori yang lebih banyak karena tidak mengandung air di dalamnya. Dalam satu gram kismis, dikatakan mengandung lebih banyak kalori jika dibandingkan anggur.

Jadi, dalam satu cangkir kismis mengandung 500 kalori dan satu cangkir plum mengandung lebih dari 450 kalori, hal tersebut akan berdampak buruk jika Anda sedang mengurangi berat badan. Namun, tetap bisa konsumsi buah-buahan kering dalam jumlah yang sedang atau terbatas.

5 dari 6 halaman

4. Pisang

Pisang merupakan termasuk buah yang sangat sehat, tetapi juga sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. Pisang sarat dengan kalori dan gula alami yang terdapat di dalamnya. Dalam satu buah pisang terdapat 150 kalori, yaitu sekitar 37,5 gram karbohidrat.

Jika dalam satu hari mengonsumsi, 2-3 pisang maka hal tersebutlah yang kemungkinan besar menyebabkan berat badan Anda bertambah. Sebaiknya cukup mengonsumsi satu pisang dalm satu hari. Indeks glikemik yang rendah pada pisang juga bisa dijadikan sebagai camilan yang sehat jika dalam jumlah yang sedang.

6 dari 6 halaman

5. Mangga

Beberapa buah yang termasuk dalam kategori tropis seperti nanas dan mangga kemungkinan memiliki kalori yang tersembunyi di dalamnya sehingga bisa menghambat penurunan berat badan Anda. Buah-buah yang memiliki rasa yang manis memang sebaiknya dihindari saat melakukan diet.

Dalam hal ini, sebenarnya semua buah memiliki manfaat kesehatan masing-masing yang baik untuk tubuh. Tidak perlu takut untuk mengonsumsi buah-buah di atas karena semua buah sangat sehat untuk dikonsumsi.

Sebaiknya cukup konsumsi buah-buahan di atas dalam porsi yang tepat atau jumlah yang sedang, jika tidak ingin menghambat penurunan berat badan. Hanya perlu berlatih untuk mengontrol dalam jumlah yang tepat untuk menurunkan berat badan dengan cara sehat.

 

 

 

Penulis:

Gerda Faradila

Politeknik Negeri Media Kreatif

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.