Ketahui Tanda-tanda Cacingan Sekarang!

Oleh stella maris pada 08 Jul 2021, 00:05 WIB
Diperbarui 16 Jul 2021, 23:19 WIB
Tanda Kucing Sedang Kesakitan, Segera Bawa ke Dokter Hewan untuk Perawatan
Perbesar
(c) Shutterstock

Liputan6.com, Jakarta Meskipun kucing adalah hewan yang paling terliti pada kotoran yang melekat ditubuhnya, bukan berati kucingmu nggak berpeluang terkena cacingan lho. Ya, kucing paling sering terular cacing setelah bersentuhan dengan telur parasit atau tempat kotor yang memiliki bakteri. 

Mengetahui bahwa kucing cacingan, bukan sekadar menakutkan saja. Dipastikan 'orang tua' anak bulu (anabul) akan merasa khawatir pada kondisi kesehatan kucingnya. Agar lebih jelas, yuk ketahui gejala apa saja yang terjadi pada kucing saat mengalami cacingan. 

Laman PetMD menjelaskan bahwa gejala cacingan pada kucing terkadang asimtomatik alias nggak menunjukkan gejala yang parahh. Namun bukan berarti kamu nggak khawatir lho ya. Cacingan yang diderita kucingmu, akan muncul gejalanya tergantung dari jenis cacing dan tingkat keparahannya. 

Tanda-tandanya yaitu: 

  • Muntah (terkadang ada cacing yang ada di muntahnya)
  • Diare (dengan atau tanpa darah)
  • Kotorannya cenderung lembek
  • Terjadi penurunan berat badan
  • Perutnya buncit
  • Terjadi lesi kulit
  • Bulu lebih kusam

Nah saat kondisi memburuk, gejalanya pun berkembang lebih parah. Tandanya yaitu: 

  • Kondisi kucing melemah
  • Dehidrasi
  • Bibir dan gusinya pucat karena anemia
  • Tekanan darah rendah
  • Semua kondisi itu dapat berujung pada kematian

Selain itu kamu juga harus tahu bahwa cacingan berpotensi menyebabkan rasa sakit. Itu karena terjadi migrasi larva melalui hati, perut, mata, dan paru-paru. Alhasil kucingmu mengalami ketidaknyamanan di tubuhnya karena jaringan tersebut meradang. 

Jika sekarang kamu sudah tahu gejala tersebut, sebelum masalah kesehatan itu menimpa anabul, ada baiknya untuk melakukan pencegahan. Ya, kamu harus mulai dari membersihkan tempat kotorannya setiap hari, menjaga kebersihan lingkungan dan tempat tinggal kucing. 

Selain itu, kamu juga harus memberikan makanan dengan nutrisi dan gizi seimbang. Nah, salah satu rekomendasi makanan kucing terbaik adalah Muezza. 

 

 

Muezza
Perbesar
Muezza.

Ini adalah makanan kering (dry food) yang diberikan untuk kucing dewasa dan tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand.

Muezza juga mengandung ekstrak Yucca Schidigera yang sangat berkhasiat untuk menghambat penyerapan bakteri berbahaya di saluran pencernaan, mengurangi bau dan membantu kotoran kucing terbentuk menjadi gumpalan. Selain itu, ada tiga manfaat lainnya ketika kucingmu mengonsumsi Muezza, yaitu:

  1. Mencegah kegemukan, menurunkan kadar gula darah, mencegah kekelahan otot, dan kebutaan karena Muezza mengandung taurin
  2. Bermanfaat untuk perkembangan otak, kesehatan kulit dan bulu, kesehatan mata dan jantung, serta menjaga kekebalan tubuh kucing karena Muezza mengandung Omega3 dan Omega6
  3. Kandungan asam lemak esensial bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, bulu, sistem reproduksi, dan metabolisme kucing

Nah ada empat pilihan varian rasa Muezza, seperti Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Dari empat varian itu, kamu bisa memilih rasa yang paling disukai oleh si kucing kesayangan.

Jangan ditunda, tentukan pilihan variannya sekarang karena Muezza lagi ada promo bundling yang dijamin bikin hemat kantong. Yuk segera beli varian rasa terfavoritnya di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia

(*)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya