Mangkuk Makanan yang Tepat, Bisa Cegah Kucing dari Kelelahan dan Jerawat

Oleh Gilar Ramdhani pada 03 Agu 2021, 19:45 WIB
Diperbarui 03 Agu 2021, 19:45 WIB
Kucing Makan
Perbesar
Ilustrasi kucing sedang makan. (Credit: Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Mangkuk makanan kucing tersedia dalam berbagai ukuran, bentuk, dan bahan. Memilih yang tepat bisa sangat membantu memberikan kenyamanan bagi kucing. Terlebih kucing memilih siklus kehidupan berbeda dari anak kucing, kucing dewasa dan senior atau berusia tua.

Tak hanya membuat kucing nyaman, dikutip dari petsradar.com, ukuran dan bentuk mangkuk makanan kucing juga dapat mencegah kucing dari masalah.

Kelelahan kumis

Kedengarannya seperti sesuatu yang mengada-ada, tetapi percayalah, kelelahan kumis adalah kondisi nyata dan ini dapat menjelaskan beberapa perilaku waktu makan yang membuat kucing merasa sangat frustasi.

Secara umum kelelahan kumis terjadi karena ujung kumis kucing yang menjadi terlalu terstimulasi karena menyentuh banyak benda sepanjang hari. Hal ini dapat menyebabkan kucing merasa stres dan kesakitan. Dan mangkuk makanan yang sempit membuat keadaan menjadi lebih buruk. Dengan mangkuk makanan yang tepat dapat menghilangkan kelelahan kumis pada waktu makan.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Jerawat kucing

Kucing Makan
Perbesar
© shutterstock

Kucing rentan terkena jerawat di dagunya, meskipun ada beberapa kemungkinan penyebabnya, namun mangkuk makanan kucing dari plastik adalah salah satu penyebab utamanya. Jerawat kucing terjadi ketika folikel rambut tersumbat oleh minyak dari kelenjar sebaceous. Ini dapat mempengaruhi semua ras kucing, tetapi kucing yang berbulu panjang cenderung lebih sering terkena daripada mereka yang berbulu pendek.

Jika kucing kamu tidak stres, bisa merawat dirinya sendiri dengan baik, tidak memiliki alergi makanan dan memiliki sistem kekebalan yang sehat, tetapi muncul jerawat di dagunya maka pertumbuhan bakteri yang berlebihan dalam mangkuk makanannya bisa jadi penyebab jerawat.

Ketika berbicara tentang mangkuk makanan kucing, ukuran dan bentuk sama pentingnya. Mangkuk yang tepat dapat mencegah kucing dari kelelahan kumis, ketegangan leher, jerawat hingga masalah pencernaan.

Jika kamu menemukan kucing menjatuhkan makanan ke lantai atau menolak untuk makan, cobalah menukar mangkuk mereka saat ini dengan mangkuk yang lebih lebar dan dangkal. Hal ini penting untuk menghentikan kumis kucing dari menyentuh sisi dan membuat waktu makan jauh lebih nyaman.

Untuk anak kucing dengan sistem pencernaan yang halus, pilihan mangkuk makanan kucing yang ditinggikan bisa lebih berguna untuk menghilangkan banyak tekanan dan kucing bisa makan dalam posisi lebih alami. Posisi mangkuk yang ditinggikan juga bagus untuk kucing yang mengalami radang sendi, karena bisa mengurangi tekanan pada leher dan tulang belakang.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Makanan Kucing Dewasa

Muezza
Perbesar
Muezza.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi kucing dewasa, kamu bisa memberikan makanan kucing Muezza. Muezza adalah salah satu makanan kucing kering atau dry food yang mengandung nutrisi seimbang dan tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand.

Muezza mengandung ekstrak Yucca Schidigera untuk menghilangkan bau, meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan jumlah bakteri baik, guna menjaga kondisi saluran usus. Selain itu, ada empat manfaat lainnya ketika kucingmu mengonsumsi Muezza, yaitu: 

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh kucing dewasa karena dikombinasikan dengan vitamin, asam lemak, dan omega
  • Menyehatkan kulit dan bulu karena mengandung komposisi Omega3 dan Omega6
  • Mengoptimalkan sistem pencernaan karena Muezza dibuat dengan bahan yang sangat mudah dicerna
  • Menstimulasi penglihatan kucing dewasa karena mengandung taurin yang mencegah Feline Central Retinal Degeneration (degenerasi retina pusat pada kucing) dan Cardiomyopathy (lemah jantung)

Muezza semakin menarik untuk jadi pilihan makanan kucing karena memiliki varian rasa Muezza, seperti Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Dari empat varian itu, kamu bisa memilih rasa yang paling disukai oleh si kucing kesayangan dan beli varian rasa favorit kucing di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya