Sukses

7 Juli Hari Pustakawan dan Kami yang Malas Membaca Buku

7 Juli Hari Pustakawan dan Hari penting nasional 2021

Liputan6.com, Jakarta Apa buku terakhir yang kalian baca? Dulu, buku identik perpustakaan. Karena perpustakaan saat itu menjadi salah satu akses untuk keperluan menambah pengetahuan.

Peran pustakawan atau librarian sangat diperlukan untuk mengelola ribuan buku berdasarkan kategorinya sehingga memudahkan para peminjam buku (pemustaka).

Di era digital perpustakaan bisa diakses darimana saja dan kapan saja sepanjang ada koneksi internet. Dan seperti profesi lain, pustakawan pun harus bertransformasi untuk menyesuaikan diri dengan teknologi saat ini.

Sehingga pemustaka bisa mengakses e-buku-buku, jurnal, makalah dan informasi yang dibutuhkan dengan mudah, nyaman dan menyenangkan.  Dengan begitu diharapkan semakin banyak warga yang berminat mengakses perpustakaan dan mau meluangkan waktu untuk membaca buku ( ebook), tidak sekadar rajin membaca status-status yang diposting di media sosial.

Sampai saat ini minat baca warga masih rendah. Survei yang dilakukan Program for International Student Assessment (PISA) yang di rilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019 mengungkap fakta yang menyedihkan. Indonesia berada pada urutan nomor 62 dari 70 negara dalam soal tingkat literasi.

Peringatan Hari Pustakawan dimulai sejak tahun 1990 saat Kongres Pustakawan Indonesia yang diadakan di Ciawi, Bogor 5-7 Juli 1973.  Kita tunggu inovasi-inovasi mereka yang mencerahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hari Penting Juli 2021

01 Juli Hari Buah Internasional

01 Juli : Hari Bhayangkara

3 Juli Hari Bebas Kantong Plastik se-Dunia

05 Juli : Hari Bank Indonesia

7 Juli: Hari Pustakawan

11 Juli Hari Populasi se-Dunia

12 Juli : Hari Koperasi Indonesia

17 Juli : Hari Keadilan (Internasional)

22 Juli : Hari Kejaksaan

23 Juli : Hari Anak Nasional

23 Juli: Hari Tanpa Televisi

23 Juli: Hari Waspada Cacing

27 Juli Hari Sungai Nasional

28 Juli: Hari Hepatitis Sedunia

29 Juli : Hari Bhakti TNI Angkatan Udara

29 Juli Hari Harimau se-Dunia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.