Sukses

Mau Memelihara Anabul? Rawat Kucing Liar Nggak Masalah Kok, Ini Tipsnya!

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memeliharanya adalah mendapatkan kepercayaan kucing bahwa kamu adalah 'orang tua' yang tepat untuk merawatnya.

Liputan6.com, Jakarta Pernah nggak sih bertanya-tanya mengapa setiap kali kamu memberikan makanan liar di rumah, dia selalu datang lagi dan lagi? Ternyata ada alasannya lho. 

Laman Petmd menjelaskan bahwa kucing liar ternyata merasa nyaman ketika datang ke rumahmu. Bukan hanya karena kamu memberikannya makanan. 

Tapi ternyata, kucing itu menyukai bagian dari rumahmu. Halaman rumah misalnya. Lantaran terus menerus datang ke rumah, lama-kelamaan, mungkin timbul rasa bahwa kamu ingin mengadopsinya. 

Jika hal ini terjadi, apa yang harus dilakukan? Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memeliharanya adalah mendapatkan kepercayaan kucing bahwa kamu adalah 'orang tua' yang tepat untuk merawatnya. 

"Jika kucing tidak nyaman dengan manusia, kebanyakan akan mencakar atau menggigit ketika kamu mencoba untuk menanganinya. Pelan-pelan dan selalu biarkan kucing keluar dari situasi itu, sehingga mereka tidak merasa terpojok," kata Elise Gouge selaku konsultan perilaku anjing dan kucing bersertifikat dan pemilik Pet Behavior Consulting, LLC di Granby, Massachusetts. 

Ingat, jangan pernah memaksa kucing. Hal ini jelas membuatnya nggak nyaman dan bisa menyebabknya menjadi stres. Kedua adalah memastikan kondisi kesehatannya. 

Yup, kamu harus segera membawanya ke dokter hewan, agar kucing itu mendapat perawatan khusus. Megan Phillips salah satu pendiri Train With Trust menjelaskan, sebelum membawanya ke dokter, pastikan kamu sudah menyiapkan kandang. 

Tujuan membawanya ke dokter, pastinya agar dia mendapatkan vaksin dan dibersihkan. Kemudian yang ketiga adalah menyiapkan beberapa perlengkapan untuk kucingmu. Mulai dari kandang, tempat membuang kotoran, peralatan mandi seperti sampo kutu, hingga sejumlah suplemen dan obat cacing. 

Nah yang terakhir adalah jangan lupa untuk menyiapkan makanan. Ya, ada salah satu rekomendasi makanan kucing yang bisa jadi pilihan terbaikmu. 

Adalah Muezza. Ini merupakan makanan kering (dry food) yang tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand. Jadi aman banget pastinya dikonsumsi untuk si kucing kesayangan.

Muezza merupakan makanan kucing dewasa yang mengandung ekstrak Yucca Schidigera yang bermanfaat untuk menghilangkan bau, meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan jumlah bakteri baik, guna menjaga kondisi saluran usus. 

Ada empat pilihan varian rasa Muezza, seperti Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Dari empat varian itu, kamu bisa memilih rasa yang paling disukai oleh si kucing kesayangan.

Jangan ditunda, tentukan pilihan variannya sekarang karena Muezza lagi ada promo bundling yang dijamin bikin hemat kantong. Yuk segera beli varian rasa terfavoritnya di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.